Praktisi Hukum, Richard Ririhena. Foto-Ist/TN

 452 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Praktisi Hukum, Richard Ririhena menyatakan, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) tidak ada istilah “titip rawat” terhadap barang yang telah disita pihak kepolisian, yang ada hanyalah pinjam pakai.

“Karena yang ada itu berita acara penyitaan, dan tidak ada berita acara titip rawat barang sitaan, karena yang diatur dalam KUHAP itu penyitaan barang, bukan titip rawat barang sitaan,” tegas Ririhena saat dihubungi Teropongnews.com lewat pesan WhatsApp (WA), Selasa (8/2/2022).

Yang namanya barang sitaan itu, lanjut dia, harus dititipkan di Rumah Titip Barang Sitaan (Rubasan), dan hanya bisa digunakan apabila ada ijin pinjam pakai barang bukti sitaan dari kepolisian.

Menurutnya, barang sitaan bisa digunakan, jika ada ijin pinjam pakai barang sitaan dari pihak kepolisian.

Akan tetapi, jika barang tersebut sudah disita polisi, maka pemilik TV kabel tidak bisa lagi melakukan memungut iuran dari pelanggan, atas barang yang telah disita.

“Bisa saja pinjam pakai barang bukti, tetapi tidak bisa siaran. Apalagi ijin TV kabelnya kan lagi bermasalah, atau tanpa ijin. Sehingga proses penyiaran serta memungut iuran itu keliru, dan tidak bisa dibenarkan,” tegas Ririhena.

Lebih lanjut dia menambahkan, jika tidak ada surat ijin pinjam pakai dari polisi, dan kemudian barang sitaan itu digunakan, maka itu adalah sebuah tindakan yang tidak dibenarkan.

Untuk diketahui, pihak kepolisian dalam hal ini Polda Maluku dinilai telah mengabaikan laporan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Maluku.

Pasalnya, sudah 4 kali KPID Maluku mendatangi kantor Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Subit I, untuk mengetahui perkembangan Laporan Pengaduan KPID Maluku Nomor 95/A.1.KPID Maluku/XII/2021 tanggal 17 Desember 2021 tentang temuan KPID Maluku atas barang sitaan polisi yang digunakan oleh tersangka pemilik TV Kabel Putri untuk menyiarkan dan masih memungut biaya dari pelanggan sampai dengan hari ini.

Namun hasil yang diperoleh KPID Maluku nihil. sampai dengan siaran pers ini dikeluarkan belum ada Informasi apapun apalagi Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) KPID Maluku dari pihak Polda Maluku.

Sedangkan, laporan pengaduan KPID Maluku ke Direktorat Kriminal Umum terkait ancaman pembunuhan oleh Philipus Chandra Hadi dan Istrinya sudah ditindaklanjuti oleh Direktorat Krimum Polda Maluku.

Ini terasa aneh, karena Ditreskrimsus Polda Maluku seakan-akan menutupi, dan selalu menolak memberikan laporan perkembangan hasil penyelidikan atas laporan pengaduan KPID Maluku nomor 95/A.I.KPID MALUKU/XII/2021. SP2HP adalah hak pelapor (KPID Maluku).

Berita lain untuk anda

Hasil CPNS Formasi 2018 Kabupaten Raja Ampat Resmi Diumumkan, Ini Hasilnya !

 483 total views (dibaca)  483 total views (dibaca) Klik di sini ? http://tiny.cc/r4ozsz TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Setelah…

Ratusan Alat Pelindung Diri Tiba di Merauke

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) Merauke, TN – Pesawat Boeing TNI AU 732 /AI-7304…

Polres Merauke dan Korem 174/ATW Diakui Bagus Dalam Pengelolaan Anggaran

 441 total views (dibaca)  441 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM M, MERAUKE – Setelah menyerahkan DIPA 2022 ke…

51 Warga Binaan Lapas Sorong Dibebaskan Akibat Wabah Corona

 501 total views (dibaca)  501 total views (dibaca) Sorong, TN – Puluhan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)…

PLN UP3 Merauke Lakukan Penyalaan Tambah Daya Bagi Pelanggan Agrikultur

 459 total views (dibaca)  459 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam upaya peningkatan penjualan melalui program…

Likee dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Berkolaborasi Gelar Serangkaian Kompetisi

 38 total views (dibaca) Ikuti kompetisinya dan menangkan berbagai hadiah berupa fitur modifikasi karakter terbatas (Limited Skin) dan uang tunai senilai hingga USD800

Selain Andalkan KIS, Mey Terapkan Pola Hidup Sehat Di Usia Senja

 460 total views (dibaca)  460 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Mey Soukatta (60), seorang peserta Program Jaminan…

Gunakan Pesawat Kepresidenan, Jokowi Tiba di Sulsel

 458 total views (dibaca)  458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tiba…

Petani Merauke Ikuti Bimtek Penguatan Kapasitas

 445 total views (dibaca)  445 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian…

Orang Asli Papua Ikuti Pelatihan Disiplin Sebelum Bekerja Di Perusahaan

 527 total views (dibaca)  527 total views (dibaca) Merauke, TN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker…