Prajurit Yonmarhanlan XI Merauke Panen Raya Padi

Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI melaksanakan panen raya padi di Ksatrian Marinir Animha Jln. Diko 1 Trans Irian Wasur Merauke, Papua, Senin (18/5). Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI melaksanakan panen raya padi di Ksatrian Marinir Animha Jln. Diko 1 Trans Irian Wasur Merauke, Papua, Senin (18/5). Kegiatan ini merupakan panen kali keempat yang dilaukan pihaknya dari hasil olahan sendiri.

Komandan Lantamal Xl Brigjen TNI (Marinir) Lukman, S.T., M.Si., (HAN) turut hadir bersama Danyonmarhanlan XI Letkol Marinir Ronny Antonius Purba, Para Perwira beserta anggota Yonmarhanlan Xl melaksanakan panen raya padi bersama.

“Ini merupakan panen yang ke empat kalinya di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektar,” terang Danyonmarhanlan XI Letkol Marinir Ronny Antonius Purba dalan rilisnya.

Danyomarhanlan menjelaskan, sebelumnya lahan tersebut hanya ditumbuhi semak belukar serta ilalang, lalu dirubah Prajurit Yonmarhanlan XI menjadi lahan produktif berupa sawah yang dikelola Prajurit Yonmarhanlan XI Kopda Marinir Kasdi dengan ditanami bibit padi berjenis Impari 42.

Menurutnya, benih ini merupakan bibit benih yang memiliki varitas hasil panen yang cukup tinggi. Dari lahan 2 hektar yang ditanami padi menghasilkan 5, 4 ton padi dengan dijemur dibawah terik matahari sekitar 2 minggu, padi sudah bisa di giling sehingga menghasilkan kurang lebih 3,2 ton beras.

Danyonmarhanlan XI Letkol Marinir Ronny Antonius Purba menyampaikan bahwa inisiatif mengolah lahan tersebut merupakan ide Prajurit Yonmarhanlan XI, dari pada membuang tenaga untuk membersihkan semak belukar setiap minggu, alangkah baiknya ditanami padi dan tanaman Hortikultura lainnya.

“Kegiatan ini sangat baik karena mendukung program dari pemerintah dalam bidang ketahanan pangan. Beras yang kita hasilkan bisa untuk dikonsumsi prajurit Yonmarhanlan XI dan Keluarga, bahkan Koperasi Yonmarhanlan XI juga menjual beras dari hasil panen ke masyarakat sekitar bekerja sama dengan kelompok tani dari Wasur,” pungkasnya.