Polda Papua Utamakan Penguatan Personil Polres di Tiga DOB

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Polda Papua utamakan penguatan personil di satuan Polres pada wilayah daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Selatan (PPS), Provinsi Papua Tengah (PPT) dan Provinsi Papua Pegunungan (PPP).

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan, setelah terbentuk pemerintahan defensif usai Pemilu 2024 nanti, baru dilanjutkan dengan pengusulan pembentukan Polda Persiapan di tiga DOB tersebut. Diikuti dengan pejabat Kapolda dan perangkatnya.

“Ini masih akan dibicarakan di Jakarta. Sehingga pada saat operasional Polda Persiapan di masing-masing provinsi di tiga DOB bisa langsung berjalan dengan penguatan anggota dari Polres masing-masing,” ucap Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri kepada wartawan di VIP Room Bandara Mopah Merauke, Rabu (18/1/2023).

Mengapa diutamakan penguatan personil di masing-masing Polres, sebab Polres juga yang akan ikut berperan dalam pembangunan Polda baru. Demikian ini disampaikan dalam kunjungan Kapolda Papua di Merauke dalam rangka menghadiri Natal bersama.

Dirinya bersama rombongan disambut Plt Asisten 1 Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus J. Guritno dan Asisten 2 Setda Kabupaten Merauke, Yeremias Ndiken, Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan beserta jajarannya.