Polda Kalsel Kerahkan Ratusan Personil Amankan Haul Abah Guru Sekumpul

Rekayasa lalu lintas saat Haul Abah Guru Sekumpul. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Ratusan personil dikerjakan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan, untuk mengamankan pelaksanaan Haul KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) ke-18 Tahun 2023. Selain menerjunkan ratusan personil, rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol. Maesa Soegriwo melalui menjelaskan, akan ada 198 personel untuk mengamankan lalu lintas saat haul abah guru sekumpul.

“Kita menurunkan 198 personel yang terdiri dari 158 pasukan pengamanan jalur, dan 40 tim patroli,” kata Kombes Pol. Maesa Soegriwo kepada wartawan, di gedung Idham Chalid, Selasa (24/1/2023).

Menurutnya, keterlibatan 239 personel pengamanan yang akan dilakukan di sepanjang jalan Ahmad Yani wilayah arah menuju Martapura, baik dari Banjarmasin dan Hulu Sungai, jalan Trikora serta jalan Martapura Lama.

“Untuk sarana prasarana lalu lintas, roda empat 20 buah, roda dua, 20 buah, traffic cone 100 buah dan water barrier 20 buah,” lanjutnya.

Kegiatan pengamanan akan dilaksanakan selama satu hari, yakni pada puncak haul abah guru sekumpul pada tanggal 26 Januari 2023.

Sedangkan untuk rekayasa lalu lintas, jalan Ahmad Yani dari bundaran Liang Anggang sebagai jalur utama dengan jalur alternatif jalan Trikora, jalan Karet menuju jalan Sei Sipai dan Panglima Batur.

“Jalur utama dari bundaran Liang Anggang hingga pertigaan Ahmad Yani keluar Kota Martapura, kendaraan seperti truck dilarang untuk masuk,” ujar dia.

Kemudian rekayasa lalu lintas kedatangan jemaah dari arah Banjarmasin dan Hulu Sungai disamakan dan akan bertemu di jalur utama, jalan Ahmad Yani dekat Ponpes Darussalam, sedangkan jalur alternatif melalui jalur sungai.

Kedatangan jemaah dari arah Banjarmasin, Barito Kuala dan Sungai Tabuk melalui jalur utama di jalan Gubernur Syarkawi menuju jalan Martapura Lama.