Berita

Pola Baru Pemilihan Majelis Jemaat GKI Syaloom Klademak Disambut Baik Warga Jemaat

×

Pola Baru Pemilihan Majelis Jemaat GKI Syaloom Klademak Disambut Baik Warga Jemaat

Sebarkan artikel ini
Ketua Panitia Pemilihan Majelis, Pnt.Thenny Hetarie (tengah) bersama dua anggotanya. Foto ist.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Pelaksana Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKI Syaloom Klademak Sorong menggelar pemilihan calon majelis jemaat tahap dua periode 2022-2027 yang berlangsung secara terbuka di gedung gereja Syaloom Klademak, Minggu (16/10/2022).

1514
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Wakil Sekretaris PHMJ GKI Syaloom Klademak, Pnt.Gad Sauyai, mengatakan sistem pemilihan kali ini berbeda dengan periode-periode sebelumnya.

Wakil Sekretaris PHMJ GKI Syaloom Klademak, Pnt.Gad Sauyai.

“Periode sebelumnya panitia pemilihan mengantar surat suara ke rumah jemaat untuk jemaat memilih calon majelis di wiknya masing-masing. Kali ini panitia menerapkan sistem yang difokuskan di pelataran gedung gereja dengan menyiapkan kotak suara di 5 tenda sesuai dengan jumlah wik yang ada,” ujarnya.

Sauyai mengaku, sistem pemilihan yang terfokus di pelataran gereja lebih menarik banyak jemaat datang langsung untuk menyalurkan aspirasinya, hal itu juga bertepatan dengan ibadah Minggu.

Ketua Panitia Pemilihan Majelis, Pnt.Thenny Hetarie menjelaskan Pemilihan Majelis GKI Syaloom Klademak dilakukan dua tahap.

Tahap pertama penjaringan dengan bentuk Formulir A yang dibagikan kepada setiap jemaat yang tergolong anggota Sidi Jemaat yang punya hak memilih dan dipilih.

Sedangkan tahap dua adalah tahapan yang menentukan calon majelis terpilih periode 2022 -2027.
“Tahap inilah yang jemaat dengan sukarela datang ke tempat penyaluran hak suara di halaman gedung gereja,” terang Hetarir.

Dikatakannya, bagi jemaat yang berhalangan hadir karena sakit dan dan alasan tertentu, panitia akan mendatangi rumah-rumah mereka untuk menyerahkan kertas suara guna memilih calon mereka sesuai dengan suara hati.

“Bagi yang berhalangan hadir karena sedang tidak berada di tempat, dapat diwakilkan kepada keluarganya untuk salurkan hak suaranya, begitu,” tandasnya.

Jemaat pun akhirnya merasa senang dan tertarik dengan pola baru pemilihan majelis jemaat secara langsung, oleh panitia pemilihan majelis jemaat Syaloom Klademak.

“Mereka berharap model seperti ini akan diterapkan pada pemilihan Majelis di periode berikut karena selain bebas dan berdasar kekeluargaan, jemaat dapat berkumpul bersama sebagai satu persekutuan yang harmonis,” imbuh Pnt.Thenny Hetarie.