Berita

PLT Gubernur Sulsel Harap Covid-19 Bisa Dikendalikan

×

PLT Gubernur Sulsel Harap Covid-19 Bisa Dikendalikan

Sebarkan artikel ini
PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu (26/6/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman berharap, kondisi pandemi Covid-19 di Sulsel bisa terkendali. Apalagi melihat terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Jakarta.

1545
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Di Sulsel, kasus positif mulai naik di kisaran sekitar 100 kasus. Olehnya itu, Andi Sudirman mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Meski begitu, angka kesembuhan tetap dipertahankan di angka sekitar 97 persen, dan angka kematian tetap ditekan diangka 1,5 persen.

“Terjadi gelombang lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia. Angka positif yang mengalami tambahan yang terjadi di Sulsel dari imported case atau kasus yang dari luar (Sulsel) masuk ke wilayah kita,” kata dia kepada wartawan, di Makassar, Senin (28/6/2021).

Pihaknya sudah menyiapkan antisipasi dengan melakukan pengetatan penjagaan di perbatasan, misalnya Bandara dan Pelabuhan.

“Kita juga akan mengecek untuk mengetahui kelompok (masyarakat) yang berdatangan di Sulsel,” jelasnya.

Ia pun mendorong agar vaksinasi Covid-19 terus dilakukan. Hal ini menjadi instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk upaya satu juta vaksinasi per hari. Mengingat lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah setelah libur Lebaran.

Dalam upaya mencapai satu juta vaksinasi Covid-19 per hari, melibatkan jajaran TNI-Polri. Pelaksanaannya dibagi menjadi 40 persen dilaksanakan oleh TNI-Polri, sedangkan 60 persen sisanya dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat pemerintah daerah.

“Kedepan atas arahan Bapak Presiden bagaimana target satu juta per hari vaksinasi Covid-19 kita kejar, dengan melibatkan aparat TNI dan Polri,” katanya.

Andi Sudirman mengingatkan, untuk terus menjaga kondisi tubuh di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Masyarakat juga perlu menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin serta minuman herbal lainnya. Tak lupa pula kita harus senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalani aktivitas serta berdoa agar Sulsel dalam kondisi (Covid-19) terkendali,” pungkasnya.

Meski beberapa waktu lalu pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan menetapkan Sulsel menjadi salah satu dari sembilan provinsi zona hijau, Andi Sudirman Sulaiman mengimbau agar masyarakat tidak lengah.

Selain vaksinasi, Pemprov Sulsel turut mengikuti instruksi Jokowi dalam ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro.

“Hijau bukan berarti kita bisa euforia. Kita tetap melaksanakan PPKM Mikro, kita harus terus waspada karena banyak saudara-saudara kita yang di luar yang masih berjibaku menangani Covid-19. Kita harus protektif dan pengetatan prokes diberlakukan, kewaspadaan tinggi, terukur apa yang kita kerjakan, menghindari kerumunan dan bagaimana balance (seimbang) antara pencegahan Covid-19 dan perekonomian tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku,” tandas dia.