PLN Listriki Pos Lintas Batas Negara di Boven Digoel Papua

Potret cahaya listrik di Boven Digoel, Papua. Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BOVEN DIGOEL – PT PLN (Persero) melistriki Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Yetetkun di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua, dengan daya awal 147.000 VA.

Untuk menyetrum PLBN Yatetkun, PLN awalnya melakukan pembangunan jaringan listrik tegangan menengah (JTM) sepanjang 20,34 kms, penambahan 1 gardu serta pembangunan jaringan listrik tegangan rendah (JTR) guna menyalurkan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel di Waropko.

“Puji syukur PLN telah berhasil mengalirkan listrik untuk PLBN Yetetkun. Penyalaan ini merupakan wujud komitmen PLN untuk hadir melistriki hingga ujung negeri,” ucap Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Merauke, Abrar.

PLBN Yetetkun yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini ini, menjadi salah satu dari tiga PLBN yang beroperasi di Papua, selain PLBN Skouw dan PLBN Sota.

Abrar menjelaskan, jaringan listrik yang telah selesai dibangun pada Maret 2022 ini, diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi kemajuan masyarakat di wilayah perbatasan.

“Dengan dibangunnya jaringan kelistrikan pada wilayah PLBN Yetetkun, diharapkan menjadi pendorong kegiatan ekonomi di wilayah perbatasan serta kebutuhan akan listrik bagi warga sekitar dapat terpenuhi,” tambahnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen, Prasarana Strategis dan Bina Penataan Bangunan Wilayah I Provinsi Papua, Roni Rosaji mengapresiasi upaya PLN yang telah melistriki PLBN Yetetkun.

“Saya mewakili Kementerian PUPR, ingin menyampaikan terima kasih sekali proyek kami sudah dibantu penyambungan listriknya untuk mendukung salah satu tugas dari pemerintah untuk membangun infrastruktur di wilayah terluar, terdepan dari Indonesia, salah satunya adalah di perbatasan ini,” ujarnya.

Roni juga berharap dapat terus bersinergi dengan PLN untuk mendorong kemajuan perbatasan Yetetkun. Pihaknya berharap PLN terus mendukung pembangunan, sehingga nantinya dengan adanya penyambungan listrik di wilayah perbatasan ini, bisa lebih mengembangkan wilayah perbatasan, khususnya di Yetetkun ini.

Pekerjaan pembangunan PLBN Yetetkun sendiri dimulai pada Februari 2020. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meresmikan dua PLBN di Papua, yakni PLBN Skouw di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura pada 2017 silam dan PLBN Sota di Merauke pada 2021.(Get)