PJ Wali Kota Ternate Menjalani Vaksinasi

Penjabat (Pj) Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang melakukan vaksinasi Covid-19 sekaligus meninjau jalannya vaksinasi untuk para Lansia di atas 60 tahun di RSUD Kota Ternate, Rabu (24/3/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Penjabat (Pj) Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang, dan Ketua Penggerak PKK Kota Ternate melakukan vaksinasi Covid-19 sekaligus meninjau jalannya vaksinasi untuk para Lansia di atas 60 tahun di RSUD Kota Ternate, Rabu (24/3/2021).

Pemerintah Kota Ternate menargetkan 200 lansia untuk di vaksin hari ini. Selain itu, vaksinasi hari ini diikuti juga oleh para jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2021.

Sebanyak 96 jamaah haji akan dijadwalkan melakukan vaksinasi di hari Senin, Selasa dan Rabu dengan jumlah perhari sebanyak 32 jamaah.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kota Ternate, agar segera mendatangi Puskesmas terdekat, rumah sakit terdekat untuk melakukan vaksin. Prinsipnya vaksin itu aman dan halal. Kami juga mengajak seluruh masyarakat sesegera mungkinlah supaya nanti pandemi ini segera berakhir” imbau PJ Walikota Ternate.

Ada 4 tahap yang harus dilalui oleh para peserta vaksin, yakni pendaftaran, screening, proses penyuntikan vaksin serta observasi.

Screening dilakukan untuk mengetahui apakah peserta aman menerima vaksin dilihat dari riwayat penyakit dan hasil pemeriksaan darah, barulah dapat diputuskan apakah proses penyuntikan vaksin dapat dilanjutkan atau tidak.

Setelah itu, perlu observasi selama 30 menit untuk memastikan para relawan tidak menunjukkan efek samping dari vaksin tersebut. Jika, pada proses screening peserta dinyatakan tidak lolos maka penyuntikan vaksin harus ditunda.