Pj Walikota Sorong hadiri workshop pembinaan Statistik sektoral optimalisasi pemanfaatan data registrasi untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di kota Sorong. Foto Wim/TN

 2,707 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Badan Pusat Statistik kota Sorong menggelar Workshop pembinaan Statistik sektoral optimalisasi pemanfaatan data registrasi untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di kota Sorong, bertempat di The Belagri hotel Sorong, Selasa (27/9/2022).

Kegiatan yang melibatkan para kepala distrik dan kepala kelurahan se kota Sorong ini untuk memenuhi kebutuhan statistik sektoral dalam menyediakan data registrasi untuk perencanaan pembangunan di kota Sorong, khususnya di wilayah distrik dan kelurahan.

Kepala BPS kota Sorong, Mery bersama stafnya. Foto Wim/TN

Kepala BPS kota Sorong, Mery, menyebutkan kebutuhan statistik sektoral menjadi sangat penting dalam menyediakan data untuk perencanaan pembangunan.

“Sebagai informasi, bahwa Statistik Sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi terkait, khususnya di wilayah distrik dan kelurahan,” ujarnya.

BPS sebagai pembina data berperan dalam memberikan rekomendasi kegiatan statistik dalam proses perencanaan pembangunan data serta melakukan pembinaan penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) yang menjadi amanat Perpres Nomor 39 Tahun 2019.

Penjabat Wali kota Sorong, George Yarangga, menyebutkan pada tahun 2019, Presiden telah resmi mengeluarkan Peraturan Presiden No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Prinsip Satu Data Indonesia adalah memastikan data yang diproduksi oleh produsen data dalam hal ini sudah sesuai standar, menggunakan metadata baku, kode referensi dan data induk.

Peran pemerintah daerah baik dari level provinsi hingga level desa/kelurahan dalam sistem tersebut adalah sebagai produsen data. Hal ini berarti bahwa pemerintah daerah harus mempunyai kemampuan untuk menghasilkan data yang yang sesual dengan prinsip-prinsip Satu Data Indonesia.

George Yarangga berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut, semua dapat memahami peran, tugas, dan tanggung jawab masing-masing dalam Penyelenggaraan Satu Data Indonesia, secara khusus Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“Hal ini dimaksudkan agar kita dapat
menghasilkan data yang berguna bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi pembangunan di kota Sorong,” jelasnya.

Berita lain untuk anda

Kerajinan Tangan Warga Binaan Lapas Kelas II B Sorong Dipamerkan

 2,750 kali dilihat 2,750 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dalam rangka hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, Warga…

Dir PD2K Validasi Data Kemiskinan Ekstrim di Maybrat

 2,685 kali dilihat 2,685 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus ( P2DK)…

Ketersediaan Telur Lokal Merauke Dipastikan Aman Jelang Nataru

 2,527 kali dilihat 2,527 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketersedian telur di Kabupaten Merauke jelang Natal…

Mendagri Tidak Setuju Papua Tutup Akses Transportasi Udara dan Laut

 3,970 kali dilihat 3,970 kali dilihat Jakarta, TN- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian disebut tak menyetujui langkah Pemerintah…

Wattimena: Saniri Negeri Harus Mampu Melaksanakan Tugas Secara Maksimal

 1,722 kali dilihat 1,722 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena melantik…

Tenun Ternate Jadi Kerajinan Tangan yang Terus Dijaga Kelestariannya

 2,209 kali dilihat 2,209 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Tenun Ternate adalah, salah satu kerajinan tangan…

Kasal Pastikan Prajurit yang Aniaya Junior Hingga Tewas di Sorong Dipecat

 5,196 kali dilihat 5,196 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI…

KPU Gelar Simulasi Tentang Protokol Kesehatan Saat Pilkada di Sulut

 2,580 kali dilihat 2,580 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANADO – KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar simulasi…

Presidensi G20 Indonesia, Momentum Pulihkan Dunia Dari Krisis Global

 6,859 kali dilihat 6,859 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Krisis keuangan global tahun 1997 – 1999…

7.488 Mahasiswa KKN Universitas Negeri Padang Dilepas Menteri Desa

 2,561 kali dilihat 2,561 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA .- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi…