Pj Gubernur PPS Disambut Ribuan Rakyat Papua Selatan

Penjabat Gubernur PPS Apolo Safanpo beserta istri disambut di Bandara Mopah Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Masyarakat empat kabupaten yakni Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel memadati Bandara Mopah Merauke untuk menyambut kedatangan Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan (PPS) Apolo Safanpo beserta istri dan Sekda PPS, Sugiyanto, Jumat (18/11/2022).

Selain di bandara, sepanjang jalan utama di Kota Merauke berjejer warga dari semua kalangan untuk menyampaikan salam dan sukacita sambut Penjabat Gubernur yang akan memulai kerja di pemerintahan pada provinsi baru tersebut.

Ketua LMA Kabupaten Asmat, David Jimanipits mengaku bangga putra asli Asmat itu akhirnya diakuai punya kemampuan memimpin negeri sendiri dan diangkat pemerintah pusat sebagai Penjabat Gubernur.

“Harapan kami dia sebagai anak putra selatan bisa mengkhawali PPS untuk kemudian dijabat lagi oleh Gubernur secara defenitif,” ucap David.

Pj Gubernur Papua Selatan.

David mengajak semua pihak ikut mendukung Penjabat Gubernur dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa tanpa melihat perbedaan. Dengan demikian roda pemerintahan dan roda pembangunan di Papua Selatan akan berjalan sesuai harapan dalam memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat.

Penyambutan yang dilakukan secara meriah menunjukan dukungan masyarakat selatan terlebih lagi Penjabat Gubernur PPS merupakan putra asli Asmat. “Kami menyerahkan anak kami kepada suku Marind sebagai tuan rumah Provinsi Papua Selatan,” tandasnya.

Usai penjemputan di bandara dilanjutkan dengan arakan menuju Halaman Patung Hati Kudus Yesus dan dilakukan doa bersama. Penggagas Pemekaran PPS Johanes Gluba Gebze (JGG) mengatakan 20 tahun lamanya perjuangan untuk PPS akhirnya terwujud di 2022 dan resmi pisah dari provinsi induk.

“Hari ini adalah hari istimewa karena Penjabat Gubernur menjalankan perutusan dari Tuhan dan perutusan negara serta perutusan kita semua. Jadi kita harus dukung dia untuk sukses di pemerintahan awal ini,” ajak JGG.

Acara penyambutan Pj Gubernur Papua Selatan

Di tempat yang sama sekaligus dilakukan penyerahan secara adat dari masyarakat adat Asmat kepada tokoh masyatakat Marind diterima oleh JGG. Kemudian akarakan berlanjut keliling Kota Merauke dan berakhir di Halaman Monumen Kapsul Waktu. Empat bupati Selatan Papua yakni Bupati Asmat, Elisa Kambu, Wakil Bupati Boven Digoel, Lexi Romel Wagiu, Pj. Bupati Mappi Micahel Gomar dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka juga menyampaikan haralan yang sama yakni mengajak semua pihak mendukung Pj Gubernur dalam kerja-kerja ke depan.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berjuang dan berkontribusi untuk suksesnya PPS.
Dia mengatakan ke depan anak-anak PPS harus menjadi tuan dengan diprioritaskan untuk bekerja dan menduduki jabatatan di PPS.

Atas nama pemerintah pusat, Apolo Safanpo mengucapakan terimakasih kepada pemerintahan dan masyarakat Papua Selatan yang telah mendukung seluruh tahapan dan proses hingga sukses diresmikan.

Kehadirannya bersama Sekda PPS, Sugiyanto untuk melaksanakan empat tugas pokok yang diamanahkan yakni membentuk struktur organisasi, mempersiapkan infrastruktur sarana dan prasarana untuk menjalankan pemerintahan PPS, membentuk DPRD PPS dan mempersiapkan Pemilu Gubernur defenitif PPS.

“Semoga kehadiran kami selalu menjadi berkat bagi masyarakat di Provinsi Papua Selatan. Karena tujuan dari seluruh umat manusia yaitu kita ingin mencapai masyarakat yang sejahtera,” pungkas Apolo dalam sambutan perdananya di Halaman Kapsul Waktu Merauke.