PJ Gubernur Papua Barat Daya Disambut Secara Adat Saat Tiba di Sorong

(Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya (PBD) Muhammad Musa’ad dan Pj Sekertaris Daerah (Sekda) tiba di Bandara DEO, Jumat (16/12/2022). (Foto:IST/TN)


TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya (PBD) Muhammad Musa’ad dan Pj Sekertaris Daerah (Sekda) tiba di Bandara Domine Edwar Osok (Deo) Sorong, Jumat (16/12/2022).

Kedatangan Pj Gubernur PBD dan Pj Sekda PBD di sambut meriah oleh seluruh Pimpinan (OPD), TNI/Polri serta warga masyarakat se-Sorong raya.

Pantauan media ini, Kedatangan Pj Gubernur PBD dan Pj Sekda PBD disambut dengan pemasangan Mahkota dari suku malamoi, pemasangan Tomang dari suku fakfak dan di iringi grup suling tambur dari suku biak Raja Ampat, serta tarian dari suku Maybrat, Tambrauw dan Teminabuan.

Sesudah itu, Pj Gubernur PBD dan Pj Sekda PBD bersama Pj Walikota Sorong dan Bupati se-Sorong raya serta tim Deklarator, tim persedium, tim persiapan dan warga masyarakat melakukan konvoi bersama mengelilingi Kota Sorong hingga ke Kabupaten Sorong.

Selanjutnya, Pj Gubernur PBD dan Sekda PBD melakukan pertemuan ramah tama bersama pemerintah pimpinan (OPD), TNI/Polri dan masyarakat se-Sorong raya di gedung L.jitmau Kantor Walikota Sorong.

Pj Walikota Sorong, George Yarangga dalam sambutanya menyampaikan, kehadiran Pj Gubernur PBD dan Pj Sekda PBD di kota Sorong membawa suka cita bagi masyakarat PBD, atas impian kurang lebih 20 tahun yang dapat diwujudnyatakan pada hari ini.

Menurutnya, proses panjang yang memakan waktu dan tenaga namun tanpa lelah terus di gaungkan masyarakat yang bergabung dalam 6 daerah itu yakni, Kota Sorong, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Sorong Selatan dan Kabutapen Raja Ampat
Dapat diwujudkan melalui peresmian PBD sebagai Provinsi Ke 38 di Indonesia yang bertanda secara operasional telah di mulainya roda pemerintahan di Provinsi yang baru ini.

“Dengan telah berdirinya daeran DOB-PBD dari 4 DOB di tanah papua adalah bentuk kepercayaan Pemerintah Pusat kepada masyarakat di Tanah Papua untuk mengurus dan mengatur urusan rumah tangganya sendiri,”ujar Yarangga.

Untuk itu, sambung Yarangga, tanggungjawab yang telah di berikan ini, perlu di pikul bersama melalui permberian dukungan positif kepada Pj Gubernur PBD dan PJ Sekertaris Daerah PBD, lewat partisipasi aktif dan responsif terhadap semua kebijakan yang akan di buat oleh Pemerintahan PBD.

“Kami sebagai bawahan khususnya Pemerintah dan masyarakat Kota Sorong sadari, sebagai DOB akan banyak mengalami tantangan di awal menjalankan roda Pemerintahan.
Namun kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan agar pelaksaan tugas dan tanggung jawab Pj Gubernur dan Pj Sekertaris Daerah PBD dapat terlaksanakan dengan baik dan sukses,”jelasnya.