Pj Gubernur Heru Dampingi Presiden Jokowi Tanam Pohon Bakau di Pesisir Utara Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah Menteri Kabinet Bersatu dan TNI/Polri serta Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dalam melakukan giat menanam pohon bakau di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan giat menanam pohon bakau di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5/2023).

Heru mengatakan, hal ini bentuk nyata Pemprov DKI dalam mendukung penuh pelestarian lingkungan yakni mangrove di wilayah DKI Jakarta.

“Penghijauan sangat diperlukan bukan hanya di darat, tapi juga di wilayah perairan dan pesisir. Hari ini, saya menemani Presiden Jokowi dalam acara puncak Penanaman Mangrove Nasional secara serentak oleh Jajaran TNI Seluruh Indonesia Tahun 2023 yang digelar di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara,” kata Heru dalam rilis resminya, dikutip TeropongNews, Selasa (16/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Heru bersama Jokowi terjun langsung dalam menanam bibit bakau. Kegiatan ini sebelumnya telah dilakukan oleh jajaran TNI di ratusan titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Seperti yang disampaikan presiden, penanaman mangrove berfungsi untuk melindungi pesisir kita dari gelombang besar serta kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim,” ujar Heru.

“Kawasan hutan mangrove juga menyerap polusi dan logam berbahaya, sehingga perairan sekitarnya menjadi lebih bersih,” tambah Heru.

Di sisi bersamaan, Jokowi mengajak seluruh pihak untuk menjaga dan merawat hutan mangrove yang ada di seluruh Tanah Air.

“Kita memiliki hutan mangrove yang terbesar di dunia, 3,3 juta hektare. Itu yang harus kita rawat, kita pelihara. Kalau di tempat-tempat yang kritis, kita tanami kembali, jangan sampai ada hutan mangrove yang rusak,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menilai, hutan mangrove sangat penting dalam mengembalikan habitat alam, hewan, maupun tumbuhan sebagai habitat asli mereka, langkah ini juga untuk melindungi pesisir Indonesia. Seperti diketahui karena adanya ancaman perubahan iklim global ini menyebabkan naiknya permukaan air laut.

“Karena mangrove penting, yang pertama mengembalikan habitat untuk kepiting, ikan, biawak, monyet. Burung-burung banyak sekali di sini, dan ada burung elang yang sudah mulai kembali datang,” jelas Jokowi.

“Ini dalam rangka melindungi pesisir kita juga dari kemungkinan nanti perubahan iklim menyebabkan air permukaan laut naik atau ada gelombang besar agar bisa menahan. Ini memang proteksi alam yang kita perlukan,” pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, Hadir dalam penanaman tersebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmaja.

Hadir juga Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.