Petugas CIQS Memperketat Pemantauan Warga Di PLBN Sota Merauke

Merauke, TN – Antisipasi penularan virus corona atau covid-19, Tim CIQS (Customs, Immigration, Quarantine, and Security) memperketat melakukan pemantauan terhadap masyarakat di PLBN (Pos Lintas Batas Negara) RI-PNG di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Selama melaksanakan kegiatan tersebut petugas dilengkapi dengan penutup wajah (masker) dan sarung tangan, sekaligus memberikan pemahaman kepada warga perbatasan tentang bahaya virus Corona, serta kiat-kiat menghindarinya.

“Apabila terdapat masyarakat yang melintas, oleh petugas segera melakukan tindakan pencegahan, dilakukan pemeriksaan dan menanyakan keperluannya,” jelas Petugas Bea Cukai PLBN Sota, Merauke, Reinold Sahara, Kamis (19/3) via seluler.

Reinold mengatakan, berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Merauke, sampai dengan tanggal 18 Maret 2020, belum ditemukan adanya penderita virus corona bagi warga di sekitar di PLBN Sota.

Lanjut dikatakan, saat ini kegiatan keluar dan masuknya barang dan orang yang melewati Pos Lintas Batas Negara sementara ditutup.

“Warga perbatasan dari PNG tidak bisa ke perbatasan wilayah Indonesia, begitu juga dari Indonesia tidak boleh ke daerah PNG,” terang Rei.

Penutupan ini menindaklanjuti Intruksi Presiden Republik Indonesia melalui media massa pada hari Minggu tanggal 15 Maret 2020 tentang himbauan antisipasi penyebaran virus corona di masing-masing daerah Kabupaten/Kota.