Berita

Petani Usaha Hortikultura di Merauke Ikuti Bimtek Program Aspirasi

×

Petani Usaha Hortikultura di Merauke Ikuti Bimtek Program Aspirasi

Sebarkan artikel ini
Bimtek peningkatan kapasitas pelaku usaha Hortikultura di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Direktorat Pengolahan, Pemasaran Hasil Holtikultura Kementan RI bekerjasama dengan Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Nasdem Dapil Papua, H. Sulaeman L. Hamzah, menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Hortikultura dengan tema Budidaya Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura kepada Petani di Merauke.

1373
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Anggota DPR Papua, sekaligus Direktur Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah, Fauzun Nihayah mengatakan, Bimtek sudah dilakukan kesekian kalinya, dan untuk tahun 2022 ini sebanyak 47 Bimtek yang sudah dilakukan. Ini menunjukan kesungguhan hati seorang Sulaeman L. Hamzah untuk melayani rakyat Merauke.

“Selaku Direktur Rumah Aspirasi H. Sualeman L Hamzah berharap semua peserta dapat memanfaatkan kesempatan yang disiapkan serta mengelolah seluruh program secara berkelompok, ” ucap Fauzun Nihayah di Halogen Hotel Merauke, Rabu (27/7/2022).

Dikatakan, 70 persen bantuan maupun Bimtek program aspirasi dibawa ke Kabupaten Merauke sebagai Sentral pertanian terbesar di Papua. Saking pedulinya legislator Partai NasDem terhadap rakyat Papua sampai-sampai bermitra dengan semua kemetrian guna membantu menyuarakan kebutuhan masyarakat di segala bidang.

Perwakilan Dirjen Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementan, Oci
menyampaikan komoditas yang biasa ditangani adalah hortikultura yang di dalamnya ada sayuran, tanaman obat, buah, dan kegiatannya dilakukan dari hulu sampai hilir atau mulai dari budidaya hingga pemasaran.

“Kesempatan berikut kita butuh praktek sehingga betul-betul paham selain materi yang diterima,” pungkasnya.

Hadir pula Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan dengan penyampaian lebih kepada dukungan dalam sisi keamanan sehingga segala aktivitas masyarakat mampun pemerintah dapat berjalan aman dan lancar.
Iapun berharap segala program dan kegiatan yang datang dari pusat maupun daerah, harus lebih mengedepankan orang asli Papua. “Saya minta saudara-saudara kita yang asli Papua diajak untuk bisa bekerja supaya kita bisa maju bersama. Harapan saya Papua selatan ini menjadi contoh bagi wilayah Papua pada umumnya, dan kita perlu kerjasama yang baik.”

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah menginginkan ke depan nanti, semua kebutuhan pangan di Papua Selatan sebisa mungkin didukung dari produk lokal dan pasokan dari luar sebisa mungkin dibatasi. “Kami sudah berikan bantuan Alsintan kurang lebih 1.300 unit. Tetapi kita perlu pelatihan khusus melalui Bimtek agar petani lebih mampu dalam menjalankan profesinya dan hasil pertanian bisa layak untuk konsumsi umum atau dapat dikirim keluar. Mari kita jadikan Papua Selatan sebagai lumbung dari semua komoditas,” ungkapnya.

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan menyampaikan apresiasi kepada H. Sulaeman atas bantuan yang sudah banyak diberikan ke masyarakat. Diakuinya bahwa suksesnya seluruh program sangat membutuhkan sinergitas semua pihak terutama dengan Pemkab setempat. Banyak program yang sudah berjalan akan semakin membawa kemajuan bagi masyarakat ketika terjalin kekompakan.

“Merauke tanahnya subur tinggal kita mau rajin tidak, yang rajin akan sukses. Merauke masih banyak lahan tidur tidak dimanfaatkan, kalau kita tanam pasti ada hasilnya. Patut kita bangga kepada Pak Sulaeman dan Ibu Fauzun yang telah membantu memajukan pertanian di Merauke. Harapan kita semua program dapat menyentuh semua kalangan.”