Presiden Jokowi di Gerbang Tol Gabus, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).Foto: Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden

 2,671 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja seksi 1A di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Selasa, 20 September 2022. Diketahui, JTCC ini merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang diharapkan selesai sepenuhnya pada akhir tahun 2023.

“Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang segera akan kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2, Jakarta Outer Ring Road yang kedua dan kita harapkan Jakarta Outer Ring Road 2 ini akan rampung selesai 100 persen di akhir tahun 2023,” ujar Presiden dalam sambutannya, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

RI-1 ini menjelaskan kehadiran Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang mempunyai panjang 27,2 kilometer diharapkan dapat mempercepat mobilitas barang. Utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan kawasan-kawasan logistik di Karawang dan Bekasi menuju pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah utara.

“Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan tentu saja dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor,” imbuhnya.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing sendiri dibangun dan dioperasikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Tollways (PT CTP), yang dimiliki oleh PT Akses Pelabuhan Indonesia dan PT Menara Maritim Indonesia.

Kedua perusahaan tersebut merupakan anak usaha PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), yang merupakan salah satu subholding PT Pelindo di bidang logistik dan hinterland development. Dengan keterlibatan langsung PT Pelindo yang juga mengelola Pelabuhan Tanjung Priok tersebut, Kepala Negara berharap akan meningkatkan pelayanan terhadap angkutan barang dari dan menuju pelabuhan.

“Tol Cibitung-Cilincing ini pemiliknya adalah yang sebelumnya Waskita kemudian diambil alih oleh Pelindo yang kita harapkan ini memang memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer, barang-barang yang mau diekspor maupun barang-barang impor yang akan menuju ke kawasan industri, ke kawasan logistik yang tadi sudah saya sampaikan,” jelasnya.

Sementara itu, Jalan Tol Serpong-Balaraja seksi 1A yang juga diresmikan pada kesempatan yang sama, merupakan bagian dari JORR 3. Nantinya, setelah JORR 2 dan JORR 3 selesai sepenuhnya dan menghubungkan wilayah di barat dan timur Jakarta, maka kendaraan yang melintas tidak perlu lagi melewati jalan di tengah Jakarta.

“Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta. Untuk Serpong-Balaraja yang akan kita resmikan hari ini adalah sepanjang 5,1 kilometer,” ucapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyampaikan bahwa ruas Serpong-Balaraja menghubungkan JORR 3 dengan pusat kota kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Kehadiran tol tersebut diharapkan menjadi alternatif akses bagi masyarakat menuju BSD hingga nantinya menyatu ke Balaraja.

“Harapannya adalah bisa memberikan solusi bagi masyarakat yang akan menuju kawasan pengembangan besar di Bumi Serpong Damai dan selanjutnya nanti akan menyatu hingga ke Balaraja. Dengan demikian maka alternatif masyarakat untuk menjangkau wilayah Jabodetabek bagian selatan barat itu bisa terjangkau dengan baik,” ujar Danang.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara peresmian jalan tol tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, dan Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono.

Berita lain untuk anda

Peringati HUT PD, Karel Murafer: Optimis Rebut Posisi Bupati dan Ketua DPRD Maybrat

 1,033 total views (dibaca)  1,033 total views (dibaca) TERPPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat…

Lakukan Reses, JRF Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan Kepada Warga Ditengah Covid-19

 1,019 total views (dibaca)  1,019 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Wakil Ketua III DPR Papua Barat, Jongky…

Soal Kasus Mantan Kapolsek Sorong Barat, Kapolres: Hukum Tetap Berjalan

 1,165 total views (dibaca)  1,165 total views (dibaca) Sorong, TN – Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto…

Ini Besaran Upah Minimum Kota Ambon Tahun 2022

 1,058 total views (dibaca)  1,058 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon,…

Aktifitas Usaha Kecil Diizinkan Beroperasi Hingga Jam 10 Malam

 916 total views (dibaca)  916 total views (dibaca) Sorong,TN – Pemerintah kota Sorong kembali mengizinkan kegiatan usaha…

DPRD Akan Minta Pendapat Pusat Hidro Oseanografi Soal LIN dan Provinsi Kepulauan

 1,069 total views (dibaca)  1,069 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Saat ini Maluku sementara berjuang, untuk…

Bupati Merauke Minta Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas dan Kemasan Produk

 6,048 total views (dibaca)  6,048 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemerintah Kabupaten Merauke akan turunkan dana…

Kondisi Memprihatinkan, Bupati Elisa Kambu Minta Warganya Kembali ke Asmat

 917 total views (dibaca)  917 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kota Merauke menjadi salah satu daerah…

Banyak Permintaan, Harga Komoditas Perkebunan di Ternate Merangkak Naik

 914 total views (dibaca)  914 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Tingginya permintaan hasil bumi di Ternate…

Dua Orang Nelayan Yang Sempat Hilang Di Perairan Seget Ditemukan Selamat

 945 total views (dibaca)  945 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dua orang nelayan di Sorong yang dilaporkan…