Bupati dan wakil bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE dan Orideko Iriano Burdam, S.IP, MM, M.Ec, Dev, foto bersama dengan para penari Cakalele usai acara Halal Bihalal dan syukuran HUT Pattimura ke 205 di Waisai. Foto Jo Intamoni/TN

 5,789 kali dilihat

TEROPONGNEWS COM, RAJA AMPAT- Keluarga besar Maluku Satu Rasa Salam Sarane (M1R) Bersatu Raja Ampat, menggelar kegiatan Halal Bihalal dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan syukuran Hari Patimura ke 205 tahun di Waisai kabupaten Raja Ampat, Rabu (18/5/2022).

Ketua DPRD Raja Ampat (kemeja hitam), wakil bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam (tengah) dan bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (kanan) saat mengikuti acara Halal Bihalal dan syukuran HUT Pattimura ke 205 di Waisai Raja Ampat. Foto Jo Intamoni/TN

Kegiatan tersebut dilakukan di gedung Wanita Syalome Seben, melibatkan bupati dan wakil bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dan Orideko Iriano Burdam, ketua DPRD Raja Ampat, Abdul Wahab Warwey, serta anggota DPR Papua Barat dari daerah pemilihan (Dapil) Raja Ampat, Marthinus A Nasarany, bersama para Forkopimda kabupaten Raja Ampat.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, dalam sambutannya mengajak seluruh orang Maluku yang ada di Raja Ampat harus hidup lain sayang lain saat berada diantara suku-suku yang lain di Raja Ampat.

“Halal Bihalal tahun ini mengajak kita untuk hidup harus baku sayang, tanpa harus ada perbedaan antara satu dengan yang lain, dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat umum, di kabupaten Raja Ampat ini,” ujar Bupati AFU, apaan akrab Abdul Faris Umlati.

Merasa selalu dekat dengan masyarakat Maluku di kabupaten Raja Ampat, AFU dengan bahasa Ambon menekankan bahwa dirinya selalu ada untuk masyarakat Maluku di Raja Ampat.

“Beta selalu ada untuk basudara samua, dalam susah maupun sanang, di manapun kita berada. Ale dong rasa sakit, Beta pun pasti rasa sakit.
Ale dong rasa bahagia Beta pun pasti Bahagia. Itulah arti Gandong bagi kita samua basudara di Raja Ampat ini,” tandas Bupati Raja Ampat dua periode itu.

Sambil mengakhiri sambutanya, bupati Faris Umlati, mengutip sebuah lagu Maluku yang menggugah hati. “Dari ujung Halamahera sampai Tenggara Jauh, katong samua basudara. Satu Gandong satu suku satu rasa, Maluku tetap di hati kita basudara samua di rantau,” terangnya.

Di samping itu, wakil bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam, menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Maluku di Raja Ampat. Menurutnya Masyarakat Maluku yang ada di Raja Ampat Sidah menjadi bagian dari orang-orang Raja Ampat.

“Terimakasih kepada semua masyarakat Maluku yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan kami di Raja Ampat ini. Terutama terima kasih kepada orang tua-tua Maluku, Penginjil Penginjil Maluku, yang sudah membawa Injil di tanah Papua ini secara umum dan secara khusus di Raja Ampat ini,” jelas Oridek Burdam.

Ia berharap melalui acara makan Patita dan Halal Bihalal tahun ini akan menjadi satu momen yang penting dalam kehidupan masyarakat di Raja Ampat. Terutama dalam hidup berdampingan dengan suku-suku lain di Raja Ampat untuk terus menciptakan rasa aman dan damai.

Berita lain untuk anda

Peringati Hari Pahlawan, Kodim 1707/Merauke Laksanakan Bakti Sosial

 2,605 kali dilihat 2,605 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Komandan Kodim 1707/Merauke Letnan Kolonel Czi Muh…

Atapary: Perkebunan Pala Berbasis Masyarakat di SBB Sangat Menjanjikan

 2,590 kali dilihat 2,590 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota DPRD Provinsi Maluku dari daerah pemilihan…

Gubernur Papua Barat Ajak Masyarakat Siapkan Diri Menuju New Normal

 2,564 kali dilihat 2,564 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, menghadiri kegiatan…

Pemprov Serahkan APD ke RSUD Daya dan Salewangang Maros

 2,603 kali dilihat 2,603 kali dilihat Makassar, TN – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus melakukan…

Pasar Mama Papua Sedang Dibangun di Belakang SMPN 2 Merauke

 3,292 kali dilihat 3,292 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemda Merauke sedang membangun Pasar Mama Papua…

Program Wisata Covid-19 Ditiru Daerah Lain, Ini Respon Gubernur Sulsel

 2,616 kali dilihat 2,616 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Program wisata Covid-19 yang selama ini dijalankan…

Kini, Ada Tiga Agen Pendaftaran Peserta/Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan

 3,062 kali dilihat 3,062 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Pusat telah bekerjasama dengan…

SI KAMPUNG, INOVASI DARI PAPUA BARAT UNTUK PELAYANAN MASYARAKAT

 1,872 kali dilihat 1,872 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Negara Kesatuan Republik Indonesia menganut sistem demokrasi…

Satgas TMMD Bantu Warga Okor Pangkur Sagu dan Pembuatan Lantai

 2,561 kali dilihat 2,561 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Personel Satgas TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke yang…

Wattimena: Sagu Akan Jadi Peluang Kita Bangkitkan Kembali Pangan Lokal

 3,970 kali dilihat 3,970 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon…