Berita

Pertamina Salurkan 2.86 M kepada 54 Mitra Binaan di Tiga Daerah di Papua

×

Pertamina Salurkan 2.86 M kepada 54 Mitra Binaan di Tiga Daerah di Papua

Sebarkan artikel ini

TEEOPONGNEWS.COM, JAYAPURA- PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VIII kembali menyalurkan modal usaha Program Kemitraan bagi usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

1483
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan tersebut, bertujuan meningkatkan kemampuan kewirausahaan sekaligus menyambut momentum Adaptasi Kebiasaan Baru untuk bangkit pasca pandemi Covid-19.

Program itu berupa bantuan pinjaman permodalan dengan maksimal nilai pinjaman Rp 200 juta untuk setiap UMKM yang dinilai layak. Bantuan modal yang di salurkan sebesar Rp 2,860 miliar kepada total 54 mitra UMKM pada Sabtu (29/08) pagi waktu setempat.

Sebelumnya, Pertamina telah menyalurkan 1.150 miliar pada minggu pertama bulan Agustus kepada 11 mitra binaan program Pinky Movement yang berada di wilayah Marketing Operation Region (MOR) VIII.

“Penyaluran di wilayah Papua kali ini agar UMKM Timur Indonesia dapat segera bangkit, konsumsi masih mendominasi perekenomian kita namun Market Growth wilayah timur belum beranjak naik sehingga peningkatan modal bagi UMKM diperlukan agar bisa menembus pasar diluar Provinsi Papua,” ujar Edi Mangun.

Program Kemitraan Pertamina sendiri ditujukan untuk meningkatkan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pertamina sehingga menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Papua punya banyak UMKM Kreatif meskipun pada beberapa kategori usaha, strategi yang digunakan masih defensive karena pandemic, kami berharap kawan-kawan UMKM dapat dibantu menekan biaya logistik dalam program pendampingan Pertamina agar mereka bisa mencari pasar diluar Provinsi Papua,” tandas Edi Mangun, Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region VIII.

Pertamina menyadari bahwa peran UMKM sangat membantu dalam hal penciptaan lapangan kerja baru, menompang pergerakan perekonomian daerah dan meningkatkan kemandirian serta kewirausahaan para pelaku UMKM.

Pertamina telah memberikan bantuan modal usaha kepada ± 2.674 UMKM di Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara. Dengan bergabungnya 64 mitra baru dari wilayah Papua, maka jumlah mitra UMKM Pertamina MOR VIII telah menembus angka 2.738 mitra binaan yang berada dalam ekosistem yang saling menguntungkan antara satu jenis usaha dengan usaha lainnya.

Setelah menjadi Mitra Binaan Pertamina, maka Mitra dapat memiliki akses permodalan, akses pasar Pertamina Grup dan jaringan UMKM Pertamina, serta akses peningkatan kompetensi dimana mitra binaan diwajibkan mengikuti pelatihan dan pendampingan mengenai kewirausahaan.

Selain penyaluran modal usaha melalui bantuan modal usaha dana bergulir Program Kemitraan (PK) saat ini Pertamina juga tengah melakukan sosialisasi program Pinky Movement.

UMKM Program ini merupakan bagian dari program pembiayaan dan pembinaan kepada UMKM yang bersentuhan langsung dengan rantai bisnis Pertamina.

Fokus utama UMKM Pinky Movement adalah pelaku usaha yang menggunakan gas LPG sebagai sumber energi utama dalam proses pengolahan nilai tambah usahanya seperti usaha kuliner rumahan atau para pelaku UMKM pangkalan minyak tanah untuk bertransformasi menuju pangkalan gas non subsidi. Untuk mengikuti program ini, calon mitra binaan dapat mengubungi Call Center 135.