Berita

Pertamina Kilang Kasim Komitmen Berdayakan Masyarakat Kampung Klayas

×

Pertamina Kilang Kasim Komitmen Berdayakan Masyarakat Kampung Klayas

Sebarkan artikel ini
PT Kilang Pertamina RU VII Kasim bersama Wahana Visi Indonesia saat melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) VII Kasim bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (NGO) kembali melanjutkan program pemberdayaan masyarakat di Kampung Klayas.

1548
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Manager Comunication Relation & CSR RU Kasim, Dodi Yapsenang, mengatakan bahwa pihaknya mengajak Wahana Visi Indonesia untuk melakukan pertemuan dengan tokoh, serta masyarakat di Posyandu Kampung Klayas, Rabu (8/9/2021) siang tadi untuk membahas program-program pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan RU VII Kilang Kasim bersama mitra pelaksana program CSR Wahana Visi Indonesia (WVI).

“Ini sudah kami laksanakan untuk tahun ke -2 dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat kampung klayas. Hari ini, Kami dari Pertamina Kilang Kasim dengan Wahan Visi Indonesia, melakukan pertemuan dengan beberapa Tokoh dan Masyarakat di Kampung Klayas dalam tindak lanjut program pemberdayaan yang sudah kita lakukan tahun kemarin, “ucap Dody, Rabu (8/9/2021).

Dodi mengungkapkan, untuk tahun ini pihaknya mencoba membenahi serta menindaklanjuti program-program sesuai dengan masukan dari masyarakat.

“Banyak sekali masukan dari masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan, sanitasi air bersih, dan pendidikan. Lewat masukan itu, kami langsung menerjunkan 2 perwira untuk tinggal bersama masyarakat yang berkaitan dalam implementasi program nantinya. Rencananya, 2 perwira ini akan live in selama 1 tahun ke depan di kampung klayas. Sehingga program CSR tahun ini bisa sesuai dengan permintaan dari masyarakat serta mempunyai dampak yang bermanfaat juga tentunya bagi Masyarakat, “ungkap Dodi Yapsenang.

Sementara itu, Wangsit Penglipur, salah satu perwakilan Wahana Visi Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kampung Klayas sesuai dengan rencana strategis yang sudah dibuat Pertamina Kilang Kasim sebelumnya.

“Kami dari Wahana Visi Indonesia, akan melakukan pendampingan dengan program pemberdayaan sesuai dengan Renstra dan hasil evaluasi dari pertamina RU VII. Kami disini akan membantu menjembatani aspirasi dari masyarakat serta melaksanakan implementasi program nantinya. Program-program kesehatan, sanitasi, ekonomi serta pendidikan menjadi tujuan utama tahun ini, “ucap Wangsit.

Wangsit menambahkan, program yang sudah diminta pertamina ini akan dieksekusi sesuai dengan masukan dari masyarakat, sehingga target dan capaiannya nanti akan berimbas ke masyarakat dan lingkungan secara langsung.

“Isu gizi buruk, sanitasi yang kurang bagus, serta pendidikan akan coba kami petakan dalam 1 Minggu ini, dan segera di eksekusi programnnya dengan koordinasi dengan RU VII Kilang tentunya. Semoga dengan program yang sudah kami susun ini dapat memecah permasalahan yang berada di Klayas ini, “harapnya.

“Komitmen ini akan terus kita implementasikan di Kampung Klayas, sebagai area terdekat dengan perusahaan. Sehingga tercipta Kampung Klayas yang berdikari, mampu mengatasi permasalahan sanitasi, gizi, serta pendidikan secara mandiri nantinya, ” tambahnya.