Personil Brimob Polda Maluku Sterilkan Kawasan Galala

Personil KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku, Minggu (20/12/2020), kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ditengah wabah Covid-19 yang semakin meluas terutama di Indonesia, berbagai tindakan dilakukan untuk mencegah orang yang terinfeksi lebih banyak. Mulai dari menyerukan himbauan untuk cuci tangan, melakukan social distancing, hingga PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Untuk itu, Personil KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku yang dipimpin oleh Ipda A. Manullang, Minggu (20/12/2020), kembali melakukan penyemprotan disinfektan, serta memberikan sosialisasi tentang protokol kesehatan yang harus diikuti warga, guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Setelah sebelumnya, Satuan Brimob lakukan sterilisasi di beberapa tempat di Kota Ambon dan sekitarnya, kini anggota Brimob Polda Maluku menyisir kawasan Kecamatan Sirimau di kawasan Galala dan Hative Kecil.

Yang menjadi sasarannya antara lain Pelabuhan ferry Galala yang merupakan akses penyebrangan masyarakat Ambon-Namlea, jawasan pertokoan dan emperan Galala, pemukiman warga Galala, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kawasan Maluku City Mall (MCM), pemukiman warga kawasan Hative Kecil, serta sejumlah fasilitas umum di Kawasan tersebut.

Dansat Brimob Polda Maluku KBP. M. Guntur mengatakan, penyemprotan cairan desinfektan dilakukan setiap hari.

“Kali ini kita lakukan penyemprotan di kawasan Galala dan Hative Kecil, yang menjadi sasaran penyemprotan cairan disinfektan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mengingat sudah ada yang positif di daerah tersebut,” ungkap Dansat Brimob kepada wartawan, disela-sela kegiatan penyemprotan.

“Kegiatan ini tidak lain sebagai Bhakti Brimob Untuk Indonesia, dalam rangka bersama memutus mata rantai Covid-19 di Kota Ambon, serta memasuki adaptasi kebiasaan baru,” tambahnya.

Dia berharap, dalam kegiatan penyemprotan dan himbauan ini, dapat meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Kota Ambon yang telah berlakunya PSBB Transisi menuju adaptasi kebiasaan baru.

“Setelah selesai melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan, personil Polda Maluku, unit KBR melaksanakan dekontaminasi mandiri demi membunuh Virus Corona pada baju APD para personil, selanjutnya kembali ke Makoden Gegana Satbrimob Polda Maluku, guna melaksanakan penyemprotan desinfektan,” tandas dia.