Persiapan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Dimatangkan Pemprov Sulsel

Logo HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan semakin giat mematangkan segala persiapan jelang pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 yang bakal digelar besok.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulsel, Amson Padolo usai memantau jalannya gladi bersih pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (15/08/2022).

“Pada prinsipnya Pemprov Sulsel sudah sangat siap dalam melaksanakan Peringatan HUT Kemerdekaan ini. Kemarin kita sudah menggelar juga gladi bersih, untuk upacara pengibaran dan penurunan bendera kebangsaan, termasuk persiapan dalam rangkaian kegiatan lainnya. Kita berharap pada tanggal 17 Agustus besok saat upacara peringatan dapat terlaksana dengan baik dan khidmat, karena ini merupakan momen yang penting untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang luhur dan berlandaskan Pancasila, yang tentunya bukan tugas yang mudah di era globalisasi saat ini,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulsel, Amson Padolo kepada wartawan, di Makassar, Selasa (16/8/2022).

Senada dengan yang disampaikan oleh Amson Padolo, Ketua Panitia Penyelenggara HUT RI Ke-77, Imran Jausi mengungkapkan bahwa segala persiapan telah berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Pada tiga kali rapat sebelumnya, menurut Jausi, pihaknya telah mengkonsolidasikan semua keterlibatan semua OPD, termasuk instansi vertikal yang menjadi bagian dari rangkaian acara pelaksanaan 17 Agustus nanti.

Misalnya Kodim yang akan mengkoordinir pelaksanaan penaikan dan penurunan bendera, Dispora terkait kesiapan Paskibraka, Pramuka dan sebagainya.

“Jadi secara umum rangkaian-rangkaian kegiatan yang direncanakan itu sudah kita persiapkan dengan baik,” ungkap Imran.

Sehari menjelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI, kata dia, merupakan hari yang sangat padat dengan adanya berbagai kegiatan, mulai dari acara silaturahmi dengan keluarga para pejuang, penyerahan Satya Lencana Karya Satya, pengukuhan Paskibraka, renungan suci di Taman Makam Pahlawan, sampai pada puncak acara di tanggal 17 Agustus.

Ditambahkannya, beberapa OPD juga telah melaksanakan kegiatan sebagai rangkaian acara, untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Alhamdulillah persiapan-persiapan ini semua sudah berjalan dengan baik. Saya kira itu adalah bagian dan upaya untuk menyemarakkan pelaksanaan acara 17 Agustus nanti,” ujarnya.

Imran berharap seluruh kegiatan jelang dan saat Peringatan HUT Kemerdekaan RI dapat berjalan dengan lancar.

“Kami berharap kegiatan inti maupun kegiatan-kegiatan tambahan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses,” harap dia.