Persalinan Tanpa Hambatan bersama JKN-KIS

Tutty Saol (35), peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG –Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan diamanahi untuk memberikan pelayanan jaminan kesehatan untuk masyarakat di Indonesia.

Salah satunya yaitu proses persalinan, mengalami sendiri pelayanan tersebut Tutty Saol (35), seorang ibu rumah tangga yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN, menceritakan kisahnya memanfaatkan JKN-KIS tanpa adanya kendala.

“Saya kemarin manfaatkan JKN-KIS saya untuk melahirkan, bersyukur sekali hampir tidak ada kendala. Seluruh biaya persalinan, obat dan perawatan ditanggung tanpa saya keluarkan biaya sepeserpun,” pungkasnya, Jumat (07/05).

Sebagai informasi, bayi baru lahir dari Peserta JKN-KIS wajib didaftarkan kepada BPJS Kesehatan paling lambat 28 hari sejak dilahirkan. Bayi baru lahir dari Ibu peserta PBI JK (PBI APBN) dapat langsung didaftarkan oleh keluarga peserta dengan status kepesertaan langsung aktif.

Memahami prosedur Program JKN-KIS dengan baik selama ini, Tutty mengetahui pentingnya mendaftarkan sang bayi pada pendaftaran bayi baru lahir untuk perawatan sang bayi jika memerlukan penanganan lain. Tanpa mengalami kendala, pendaftarannya pun dilancarkan sehingga kini sang bayi sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Langsung saya meminta keluarga urus saat itu kepesertaan bayi saya, tidak ada kendala saat mengurusnya, karena status JKN-KIS saya aktif terus tidak mengalami kendala. Pendaftaran bayi saya langsung diproses pada saat itu hanya menyiapkan kartu JKN-KIS saya, surat keterangan kelahiran dan Kartu Keluarga,” ceritanya.

Saat ditanya harapannya terkait pelaksanaan Program JKN-KIS, sebagai peserta yang selama ini dapat merasakan manfaat luar biasa dari keberadaan Program JKN-KIS, Tutty berharap tidak ada lagi masyarakat di Indonesia yang merasa tidak bisa berobat ke fasilitas kesehatan ketika sakit. Adanya Program JKN-KIS ini sangat meringankan beban seluruh masyarakat terutama bagi yang membutuhkan.

“Semoga semua peserta JKN-KIS bahkan semua masyarakat di Indonesia bisa merasakan manfaat dan tertolong dengan adanya JKN-KIS saat sakit atau membutuhkan. Program JKN-KIS ini sudah sangat luar biasa dilaksanakan, ke depannya semoga semakin banyak invoasi yang mempermudah kami peserta JKN-KIS dan pelayanannya dapat menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya