Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M, memberikan keterangan pers kepada Wartawan (Foto:Mega/TN)

 413 total views (dibaca)

Sorong,TN – Usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diusulkan oleh pemerintah kota Sorong ditolak pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan.

Sebelumnya, pada 6 April 2020 lalu, Pemerintah Kota Sorong telah menyurati Menteri Kesehatan agar PSBB diberlakukan di Kota Sorong. Namun permintaan pemberlakuan PSBB tersebut tidak disetujui oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI.

Walikota Sorong, Drs. Ec. Lamberth Jitmau menyampaikan bahwa ada beberapa alasan dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Kesehatan, sehingga PSBB yang diusulkan belum disetujui.

“Pemberlakuan PSBB di Kota Sorong belum disetujui, dikarenakan ada beberapa kriteria yang memenuhi syarat sehingga PSBB itu dapat dilakukan. Seperti beberapa daerah di Jawa, PSBB sudah disetujui. Karena peningkatan kasus yang signifikan disana. Dan untuk Kota Sorong, jumlah kasus sedikit dan masih aman”, jelas Walikota didampingi Rudy Rudolf Laku selaku Juru Bicara Satgas penanggulangan Covid-19 Kota Sorong, di posko satgas kantor Walikota Sorong (13/4).

Walikota mengatakan pemberlakuan PSBB itu dapat dilakukan jika jumlah kasus dan/atau jumlah kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan dan cepat ke beberapa wilayah. Juga terdapat kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa di wilayah atau negara lain.

Selain kriteria di atas penetapan PSBB juga atas pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya.

Namun demikian, orang nomor satu di Kota Sorong ini berterimakasih kepada Menteri Kesehatan dan berjanji untuk terus mengupayakan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Kota Sorong, dalam menangani ataupun menangkal penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Walikota juga terus menghimbau agar seluruh elemen masyarakat, agar bekerjasama dalam menangkal penyebaran virus Corona di Kota Sorong dengan menaati segala peraturan yang di tetapkan oleh pemerintah terkain pencegahan virus Corona.

“Mari sama-sama bergandengan tangan, dukung Pemerintah dan berikan solusi yang terbaik. Ini kepentingan seluruh masyarakat Kota Sorong, bukan kepentingan pribadi atau politik”,ujar Walikota.

Berita lain untuk anda

Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Pembunuhan di Komplek Double O

 30 total views (dibaca) Polisi akan buru dan tangkap siapa saja yang terlibat dalam pertikaian dan menyebabkan 18 koban jiwa

Telwon Masuk Zona Merah, Telbin Pasien Sembuh Terbanyak

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) Manokwari,TN–  Update terbaru perkembangan penyebaran corona virus disease 2019…

Komisi IV Minta Disdikbud Identifikasi Wilayah yang Akses Internet Terbatas

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi IV DPRD Provinsi Maluku meminta…

Tidak Kantongi Dokumen, KMN. Teman Setia 03 Ditangkap di Perairan Okaba

 365 total views (dibaca)  365 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tidak mengantongi dokumen pelayaran dan dokumen…

3 Warga Sultra Positif Terpapar Virus Corona, Wali Kota Kendari Keluarkan Himbauan

 400 total views (dibaca)  400 total views (dibaca) Kendari, TN – Gugus tugas pencegahan Covid-19 Sulawesi Tenggara…

Pemprov Sulsel Komitmen Bangun Luwu Raya

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman…

Watora : Cegah Lajunya C-19, Karantina Terpusat Solusinya

 438 total views (dibaca)  438 total views (dibaca) Manokwari,TN– Corona virus disease 2019 (COVID-19) semakin meningkat baik…

AKP Komang Yustrio Jabat Kabag Ops Polres Jayapura

 433 total views (dibaca)  433 total views (dibaca) TEROPONG NEWS.COM, JAYAPURA – Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A…

Musisi Maluku Salut Keberanian Danyonarmed 12 Nyanyikan Lagu Berbahasa Jawa

 373 total views (dibaca)  373 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Musisi asal Maluku, Ronny Sapulette mengaku…

Sekda Membenarkan Satu PDP di RSUD Haulussy Ambon Positif Terpapar Corona, ODP Meningkat Jadi 53 Orang

 533 total views (dibaca)  533 total views (dibaca) Ambon, TN – Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua…