Press Release

Peringati Kemerdekaan RI ke 77, Kilang Kasim Panen Raya di Kebun Percontohan Kampung Klayas

×

Peringati Kemerdekaan RI ke 77, Kilang Kasim Panen Raya di Kebun Percontohan Kampung Klayas

Sebarkan artikel ini
Peringati Kemerdekaan RI ke 77, Kilang Kasim Panen Raya di Kebun Percontohan Kampung Klayas.

TEROPONGNEWS.COM, KASIM- Dalam memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-77, Kilang Kasim bersama masyarakat di Ring-1, lakukan panen raya di Kebun Percontohan Kampung Klayas. Hal ini juga dilakukan dalam menyambut hari kemerdekaan RI-77 yang terjadi kemarin.

1068
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kebun Percontohan sendiri, merupakan program binaan CSR Kilang Kasim yang berada di Kampung Klayas. Program ini berupa area untuk kegiatan pertanian yang berisi berbagai jenis sayur dan buah-buahan.

Foto bersama masyarakat di ring 1 sebelum melakukan panen raya bersama di kampung Klayas.

Kebun ini dibuat dengan maksud sebagai contoh bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas pertanian di Kampung Klayas, sehingga mendapatkan pengetahuan dalam kegiatan bercocok tanam sesuai dengan contoh yang sudah dilakukan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Distrik Seget, Kepala Kampung Klayas, Babinsa Klayas, Tim Menejemn Kilang, serta masyarakat Kampung Klayas dan sekitarnya. Acara ini dimulai pukul 16.00 hingga 17.00 di area Kebun Percontohan.

Cuaca mendung serta rintikan hujan sedang, tidak menyurutkan minat masyarakat dalam mengikuti dan melihat panen raya ini. Acara ini dibuka oleh kepala distrik Seget, dan selanjutnya disambung sosialisasi dari Kilang Kasim, dan ditutup dengan panen bersama-sama.

Kepala Distirk Seget, Albert mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan adanya kebun ini, masyarakat dapat melihat serta meniru untuk diaplikasikan di kampung masing-masing.

“Hal yang luar biasa, Bagi Kilang Kasim dalam membuat kebun percontohan. Hal ini sangat berguna bagi masyarakat, dimana diharapkan dapat meniru serta mereplikasi kebun tersebut di halaman serta kampung masing-masing,” ucap Albert.

Dihari kemerdekaan ini, diharapkan program CSR Kilang Kasim, dapat berguna bagi masyarakat, dalam hal pertanian, sehingga nantinya masyarakat dapat terdorong untuk meniru, dan mampu meningkatkan nilai ekonomi keluarga di Kampung Klayas dan sekitarnya.

Sementara itu, Area Manager Comm, Rel, CSR & Compliance PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim, Dodi Yapsenang mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mempraktekan bagaimana cara berkebun yang baik dan benar.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam memperingati hari kemerdekaan dan rasa syukur atas panen raya dari kebun percontohan yang dilakukan.

“Kegiatan ini merupakan panen raya, dimana didalamnya terdapat panen secara bersama-sama dengan masyarakat dan juga sosialisasi dari pengelola kebun kepada masyarakat tentang cara berkebun yang baik dan benar. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur dan menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-77,” jelas Dodi.

Lebih lanjut, Dodi menegaskan bahwa, selain sosialisasi tentang cara berkebun, masyarakat juga dapat membawa hasil panen sayur dan buah dari kebun percontohan.

Hal ini dimaksudkan sebagai cara agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari kebun percontohan dan dapat mereplikasi kedepannya nantinya.

Sayur seperti Kacang Panjang, Cabai, Tomat serta buah-buahan seperti jagung, jeruk, dan lainnya, dapat diambil oleh masyarakat. Semoga selain ilmu yang didapat, masyarakat dapat menikmati hasil kebun percontohan kita dan menirunya. Kami siap membantu bibit dan hal lain dalam mewujudkan kebun-kebun lain di area masyarakat,” terangnya.

Terakhir, Harapannya, semua masyarakat dapat memanfaatkan area kebun nya dengan baik. Hal ini dikarenakan masih banyak lahan kosong yang tidak termanfaatkan di area kampung-kampung di sekitar Kilang-Kasim.

“Kami dari pertamina siap membantu dan support full dalam kegiatan yang dilakukan masyarakat, demi mewujudukan masyarakat yang mandiri dan tanggap dalam isu ketahanan pangan tentunya,” imbuh Yapsenang.