Peringati HKN, Dinkes Maybrat Jalan Santai dan Pengobatan Masal

Para pegawai dan tenaga kesehatan di Dinkes Maybrat yang memperingati HKN ke-58, Sabtu (12/11/2022). Foto-Onesimus Semunya/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Maybrat Papua Barat, memperingati HUT Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang jatuh pada 12 November 2022.

Peringatan HKN diisi dengan kegiatan jalan santai serta pengobatan massal yang dipusatkan di Rumah Sakit Pratama Sonere, Kabupaten Maybrat, Sabtu (12/11/2022).

Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Dr. Bernhard E. Rondonuwu mengatakan, lewat peringatan HKN maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus prima, lebih luas jangkauannya, serta lebih cermat dan tepat.

Menurutnya, dengan kondisi kesehatan masyarakat yang semakin membaik maka taraf ekonomi juga akan meningkat. Sebab, aktifitas masyarakat dan dunia usaha kembali aktif.

Jalan santai dalam rangka HKN di Maybrat.

“Saya berharap masyarakat selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Rajin memeriksakan kondisi kesehatan di pusat layanan kesehatan,”imbau Rondonuwu.

“Intinya kami ingin masyarakat hidup sehat, kami ingin mengubah dari kuratif menjadi promotif dan preventif, memberikan pelayanan serta informasi tentang kesehatan agar bersama-sama menjaga kesehatan,”pungkas Pj Bupati Rondonuwu.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Sekda Maybrat, Engelbertus Turot S.P M.Si mengajak para tenaga kesehatan di Maybrat untuk mewujudkan HKN sebagai wadah pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Saya melihat teman-teman kesehatan dan guru sangat luar biasa karena melayani masyarakat di Kabupaten Maybrat. Kita ingin menunjukkan bahwa memang pada saat kondisi terburuk, kita harus bangkit kembali, kita harus pulih kembali. Kalau kita bangkit maka ekonomi akan kembali meningkat,”ujar Turot.

Ketua panitia kegiatan, sekaligus Direktur Rumah Sakit Pratama Maybrat, dr. Sony Fatie dalam laporannya menyebutkan, lewat momentum HKN maka pihaknya telah menghadirkan beberapa tenaga dokter spesialis untuk melayani masyarakat di Kabupaten Maybrat, yaitu dokter spesialis anak, spesialis kandungan dan spesialis penyakit dalam.