Peringati Hari Sumpah Pemuda, Robert Kardinal Sumbang 200 Kantong Darah ke PMI

kegiatan donor darah yang berlangsung di gedung L. Jitmau Kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka memperingat hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, Anggota Komisi X DPR RI, Robert Joppy Kardinal menggelar kegiatan donor darah, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan yang digelar di gedung L. Jitmau itu bekerjsama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sorong dan Barisan Mace-Mace Teman Syarif Nari (BEM-Tenar).

Anggota Komisi X DPR RI, Robert Kardinal menyampaikan bahwa selain kebutuhan darah yang meningkat, kegiatan donor darah ini juga bertujuan untuk membantu sesama.

peserta donor darah diperiks terlebih dulu kesehatannya sebelum melakukan donor darah. (Foto:Mega/TN)

“Kegiatan ini adalah masa reses saya, juga sekalian memperingati Sumpah Pemuda. Saya mengajak pemuda dan masyarakat kota Sorong dan Papua Barat pada umumnya, marilah kita berdonor darah. Karena setetes darah kita ini sangat berharga bagi orang yang membutuhkan,”ujarnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Pj. Walikota Sorong yang telah menyediakan tempat untuk pelaksanaan donor darah, juga pihak TNI Polri yang mengirimkan anggotanya untuk melakukan donor darah.

“Target kita hari ini 200 kantong darah,”ucap Roberth.

Sementara itu kepala Markas PMI Kota Sorong, Ahmad Krisnadi berharap ke depan lebih banyak lagi penyelenggara-penyelenggara donor darah, mengingat kebutuhan darah di Kota Sorong masih sangat tinggi.

“Kebutuhan darah di kota Sorong ini sangat tinggi, kalau mengandalkan kegiatan-kegiatan donor darah saja saya rasa masih kurang. Jadi mesti dibarengi dengan sosialisasi dan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya donor darah untuk membantu saudara kita,”pungkasnya.

Pada kegiatan donor darah itu, peserta yang berhasil mendonorkan darahnya akan mendapatkan juga fasilitas gratis berupa snack, vitamin, uang pengganti transport senilai Rp150.000,-.