Sepi, aktivitas Pelabuhan Melonguane yang nampak sepi, Kamis (23/4). Foto endy/TN.

 488 total views (dibaca)

Talaud, TN – Pandemi Covid-19 mulai menunjukkan dampak buruk terhadap pelayaran dengan rute Manado-Talaud. Pelayaran yang dulunya dilayani dua armada dengan jadwal tiga kali seminggu, kini tersisa satu armada yang hanya melakukan pelayaran dua kali seminggu.

Kepala Kantor Pelabuhan Melonguane, Charles Maariwuth, ketika dikonfirmasi terkait pengurangan layanan pelayaran ini menjelaskan, hal ini disebabkan karena berkurangnya penumpang dari dan ke Talaud.

Biasanya, kata Charles, pelayaran kapal penumpang ke Talaud dengan rute Manado, Lirung, Melonguane, Beo dan sebaliknya, dilayani oleh dua armada, yakni KM. Holly Marry dan KM. Barcelona 02, yang tiba di Talaud setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Kepala Kantor Pelabuhan Melonguane, Charles Maariwuth. Foto endy/TN.

“Namun dari laporan yang kami terima, satu armada tidak melayani pelayaran dan tersisa KM. Barcelona 02 yang melayani di hari Senin dari Manado, tiba Selasa dan menginap di Beo, kemudian berangkat lagi di hari Kamis dan tiba di Talaud hari Sabtunya,”terang Charles.

Untuk persentase penurunan penumpang, sambungnya, dari manifest yang diserahkan pihak agen diperkirakan ada di angka 70 hingga 80 persen. Karena menurutnya, khusus di Pelabuhan Melonguane saja, ketika pelayaran normal, jumlah penumpang paling minim ada di angka 100 hingga 150 orang.

“Di hari ini, dari manifest yang kami terima, jumlah penumpang dari Melonguane tujuan Manado hanya sekitar 20 orang saja. Tetapi untuk penumpang dari Manado ke Talaud, diperkirakan agak banyak meskipun tidak normal seperti biasa,”imbuhnya.

Ditanya soal aktivitas pelabuhan di tengah pandemi, Charles memastikan tetap berjalan seperti biasa, namun tetap menjalankan aturan pencegahan penyebaran virus, seperti yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“Kami juga masuk dalam tim Satgas Covid-19, sehingga aturan pencegahan tetap berjalan. Bagi siapapun penumpang, wajib hukumnya untuk dilakukan screening dan pengukuran suhu tubuh,”tuntasnya.

Agen KM. Barcelona 02, Sony Marthen. Foto endy/TN.

Sementara itu, Agen KM. Barcelona 02, Sony Marthen yang ditemui di sekitar Kantor Pelabuhan Melonguane, juga membenarkan perih kurangnya penumpang yang berangkat, sehingga keputusan pembatasan pelayaran harus diberlakukan.

“Kami tetap berikan jaminan, KM. Barcelona 02 tetap melayani pelayaran, namun seminggu hanya dua kali. Kami juga tetap melayani pengangkutan bahan pokok seperti biasa meskipun jumlah penumpang menurun drastis. Hari ini saja dari Melonguane hanya ada 21 penumpang,”ujar Sony.

Mengenai kerugian, Sony tak menampiknya. Menurut dia, dengan adanya wabah ini sudah jelas kerugian tetap terjadi bagi mereka. Namun, dia memperkirakan ini hanya akan berjalan selama dua pekan ke depan.

“Untuk dua pekan ke depan sepertinya kami sudah melayani pelayaran secara normal,”tukasnya.

Ditanya mengenai harga tiket, Sony mengaku tak ada kenaikan dan penurunan dan tetap ada di harga normal.

“Harga tiket tak mungkin dinaikkan apalagi diturunkan. Intinya pelayaran KM. Barcelona 02 tetap berjalan,”singkatnya.

Berita lain untuk anda

Karantina Pertanian Merauke Sudah Lakukan 50 Kali Pemusnahan

 490 total views (dibaca)  490 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam upaya menekan penyebaran HPHK dan…

Fatoni Minta Pemda Terus Berkoordinasi dengan Penyelenggara Pemilu

 402 total views (dibaca)  402 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KOTAMOBAGU – Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Agus…

Blusukan di Pasar Wamanggu, HEBAT Kenalkan Diri dan Jaring Aspirasi Masyarakat

 479 total views (dibaca)  479 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lebih mendekatkan diri dengan masyarakat pedagang…

KWF Bersama PCNU Jakpus Luncurkan Buku ‘KH Abdul Wahab Chasbullah’

 381 total views (dibaca)  381 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Webinar Nasional “KH Abdul Wahab Chasbullah;…

Ratusan Warga Sorong Demo, Desak Pemerintah Pusat Realisasikan Pemekaran PBD

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ratusan massa dari berbagai elemen masyarakat…

OPD Diminta Kurangi Perjalanan Dinas Keluar Daerah

 419 total views (dibaca)  419 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi…

Kadis Dukcapil : Permintaan Pengurusan KTP di Merauke Sangat Tinggi

 445 total views (dibaca)  445 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE -Mendekati pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil…

Gubernur Papua Barat Pasang Atap 50 Unit Rumah BSPS

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan memasang…

Para RT/RW Kelurahan Mandala Ikuti Pembinaan Kelembagaan

 434 total views (dibaca)  434 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Sebanyak 26 RT dan 4 RW di…

Ruas Jalan Waempubbu–Pompanua Sudah Bisa Dinikmati Masyarakat

 576 total views (dibaca)  576 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pengerjaan jalan ruas Waempubbu–Pompanua pada tahun…