Penuhi Kebutuhan Uang, Ekspedisi Rupiah Berdaulat Datangi Lima Daerah 3T di Malut

Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc didampingi Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman menghadiri Kick Off dan Seremonial Pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat, di Wilayah Maluku Utara Tahun 2023, yang berlangsung di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Jumat (27/1/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, didampingi Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman menghadiri Kick Off dan Seremonial Pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat, di Wilayah Maluku Utara Tahun 2023, yang berlangsung di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan misi pemenuhan kebutuhan uang dalam jumlah yang cukup, dan kondisi yang layak edar di seluruh wilayah NKRI khususnya di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (TNI AL) melakukan kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 dengan lingkup kerja sama berupa pendistribusian uang Rupiah di wilayah 3T, kegiatan sosial, dan sosialisasi/edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diresmikan oleh Gubernur Maluku Utara Wali Kota Ternate, Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman, Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla)., Direktur Eksekutif-Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara R. Eko Adi Irianto.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat dalam bentuk kas keliling (kaskel) 3T di Maluku Utara akan mengunjungi 5 pulau yaitu Pulau Taliabu, Pulau Obi, Pulau Sanana, Pulau Bacan dan Pulau Mayau Batang Dua.

Kegiatan kerjasama antara BI dan TNI AL tersebut diharapkan memberikan dampak positif, dalam upaya memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI dari sisi pertahanan dan militer oleh TNI AL, serta menjaga kedaulatan ekonomi dan kedaulatan rupiah sebagai salah satu simbol negara oleh Bank Indonesia.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat akan menggunakan KRI Teluk Weda-526 dengan spesifikasi panjang kapal 117 meter, lebar 16,40 meter, dan bobot 5.000 ton. Kapal berjenis Landing Ship Tank (LST) dan mampu mengangkut 15 Tank BMP 3F.