Penjabat Wali Kota Ajak Siswa Maknai Perjuangan Para Pahlawan

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Lomba Gerak Jalan indah (LGJI) Tingkat Kecamatan Teluk Ambon, yang dilaksanakan menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Sabtu (13/8/2022)

Wattimena dalam sambutannya sebelum melepas peserta di halaman SMK Negeri 5 Ambon, di kawasan Wailela mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dalam membina solidaritas, kerukunan, serta semangat persatuan dan kesatuan.

“Beberapa tahun terakhir kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19, sehingga kalau pagi ini kita ada dalam lomba LGJI, maka patut kita syukuri, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tidak henti-hentinya mengajak semua komponen di Kota Ambon laksanakan hal positif, membina solidaritas, kerukunan dan semangat persatuan dan kersatuan,” ungkapnya.

Dijelaskan, LGJI yang melibatkan para peserta tingkat SD dan SMP ini merupakan bentuk pemaknaan sejak dini terhadap perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Kalangan SD dan SMP sejak dini harus diajak untuk bagaimana memaknai kemerdekaan, dan sejumlah pengorbanan yang dilakukan para pahwalan dalam mencapai kemerdekaan tersebut,” ujar Wattimena.

Dia berharap, LGJI tingkat Kecamatan Teluk Ambon tahun 2022, dapat dilaksanakan dengan suasana kebersamaan dan menjunjung tinggi sportivitas, karena menang bukanlah tujuan yang utama tetapi bagaimana para peserta membangun kebersamaan, dan memaknai nilai-nilai perjuagan para pahlawan.

“LGJI ini adalah kompetisi yang tentunya ada pemenang, tetapi itu bukan uang tujuan utama, melainkan untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Jadi bukan soal menang atau kalah, tetapi membangun kebersamaan itu yang paling penting agar semua dapat memaknai nilai-nilai perjuangan,” pungkas dia.

Wattimena mengaku, selain menyambut HUT RI, Pemkot dan masyarakat juga bersiap untuk menyambut HUT Kota Ambon ke-477 tahun, pada 7 September mendatang.

Pada peringatan HUT Kota Ambon, dirinya berharap, semua elemen dapat mendukung semua kebijakan prioritas Pemkot Ambon.

“Pemkot berupaya memperbaiki berbagai aspek. Namun kita butuh dukungan dari masyarakat. Kota ini akan berusia 477 tahun, apa yang kita berikan bagi kota ini? Semangat ini yang kita gaungkan untuk memberi yang terbaik bagi kota ini,” tutupnya.