Pengurus IKKA Sorong Raya Resmi Dilantik

Hendrikus Momot, SE Mewakili Walikota Sorong saat melantik Pengurus IKKA Sorong Raya Masa Bhakti 2022-2027. Foto: Hizkia/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ikatan Keluarga Kepulauan Aru (IKKA) Se Sorong Raya secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Walikota Sorong yang diwakilkan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Sorong Hendrikus Momot, S.E, Sabtu, (16/7/2022).

Walikota Sorong dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kesbangpol Kota Sorong, Hendrikus Momot, mengucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik agar dapat mengemban tugas yang diberikan dengan baik sesuai amanah.

“Saya atas nama pemerintah kota sorong mengucapkan selamat kepada badan pengurus kerukunan keluarga besar aru se sorong raya yang baru saja dilantik semoga dapat mengemban amanah dengan baik,” Ucap walikota Sorong dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesnangpol Kota Sorong,

Sebagai pucuk pimpinan pada Pemerintah Kota Sorong, Walikota Sorong berharap pengurus dapat mendayagunakan segala potensi yang ada dalam rangka membina masyarakat kepulauan aru yang ada di soorng raya.

“Para pengurus diharapkan dapat secara optimal mendayagunakan segenap potensi yang dimiliki guna peningkatan eksistensi dan peran KKBA dalam rangka membina warga masyarakat, khususnya di kota sorong,” Bebernya.

“Saya selaku walikota sorong, mengajak semua komponen masyarakat kota sorong, secara khusus kepada para warga masyarakat KKBA yang berdomisili di kota sorong, mari dukung program kerja pemerintah kota sorong, yang telah terencana secara sistematis dan mencakup segala aspek pembangunan,” Lanjutnya.

Sementara itu, Ketua terpilih Ikatan Keluarga Kepulauan Aru Sorong Raya masa bakti 2022 – 2027, Yunus Seltit dalam keterangan kepada media ini menjelasakan pendataan warga kepulauan aru yang berada di sorong raya ini dan pembentukan panitia natal, akan menjadi prioritas kerja tahun ini.

“Pertama kita melakuan pendataan seluruh masyarakat aru yang ada di kota dan kabupaten sorong dan program-program yang bisa dinikmati oleh masyarakat ARU nantinya, kami akan menyiapkan panitia natal untuk keluarga besar kepulauan aru,” ucap Yunus Seltit.

Yunus Seltit menjabarkan, dirinya terpeilih sebagai ketua dari tiga kanditat yang dicalonkan pada musda tanggal 13 Novemer 2021 yang lalu, terpilihnya yunus sebagai Ikatan Keluarga Besar Aru merupakan suara dan amanat dari warga aru se sorong raya.

“Kita musda di tanggal 13 november tahun 2021 pada saat musda saya terpilih, waktu perhitungan suara masyarakat memilih saya yang mana pada hari ini pelantikan,” sambung Yunus.

Yunus mengakui bahwa dalam melaksanakan tugas mulia ini, ia tak bisa bekerja sendiri, tentunya membutuhkan dukungan dari semua warga masyarakat aru yang ada di sorong raya ini, sehingga program yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Ketua Adat Suku Aru Sorong Raya, Paulus Seltit, yang mengukuhkan badan pengurus secara adat aru menjelaskan pemasangan mahkota burung cendrawasih dan gelang siksika yang di ikatkan pada kedua lengan Ketua IKKA yang baru dilantik. Menurutnya mahkota burung cendrawasih menandakan kepemimpinan dan kedua siksika yang di ikatkan menandakan Aru dan Papua tidak bisa dipisahkan.

“Pemasangan mahkota pada kepala ketua terpilih yang baru dilantik dengan tujuan Tuhan memberkati sebagai pemimpin, Gelang siksika di kedua tangan yang menandakan pemersatu, antara tete moyang aru dengan papua punya hubungan, sehingga tidak bisa dipisahkan,”beber Ketua Adat Suku Aru Sorong Raya.