Berita

Pengadilan Agama Kupang Dukung Sosialisasi HIV/AIDS

×

Pengadilan Agama Kupang Dukung Sosialisasi HIV/AIDS

Sebarkan artikel ini
Pertemuan Akhir Tahun 2020 Tim Pengendali Penangggulangan AIDS Kota Kupang, yang berlangsung di ruang rapat Garuda, Kantor Wali Kota Kupang, Jumat (4/12/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Ketua Pengadilan Agama Kupang, Rasyid Muzhar menyambut baik ajakan untuk turun bersama melakukan kunjungan dan sosialisasi penanganan HIV/AIDS oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang.

1520
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurutnya, beberapa waktu lalu Pemerintah resmi mengesahkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 sebagai perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

“Salah satu perubahan penting Undang-Undang ini yaitu, pada pasal 7 yang mengatur tentang batas minimal usia menikah,” ujar dia lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Minggu (6/12/2020).

Jika sebelumnya dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 disebutkan bahwa batas usia minimal menikah bagi laki-laki ialah 19 tahun dan perempuan 16 tahun, dalam UU terbaru hasil revisi ini diatur bahwa batas minimal menikah bagi laki-laki dan perempuan yang akan menikah berada pada usia 19 tahun.

“Akibatnya, belakangan ini kami menerima cukup banyak permohonan dispensasi perkawinan, karena alasan hubungan seksual pranikah,” ungkap Rasyid.

Untuk itu dia berharap, dalam sosialisasi nanti perlu diinformasikan jika hubungan seksual pra nikah tidak bisa dihindari, maka perlu disosialisasikan tentang hubungan seksual yang aman guna mencegah pernikahan usia dini sekaligus mencegah penyebaran HIV/AIDS.