Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Foto-Ist/TN

 387 total views (dibaca)

Ambon, TN – Pemerintah Pusat (Pempus) secara resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja bagi masyarakat. Hal ini disampaikan lewat Siaran Pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia No. HM.4.6/45/SET.M.EKON.2.3/04/2020, saat dilaunching kartu Prakerja, Sabtu (11/4), di Jakarta.

Pendaftaran tersebut dibuka melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Demikian siaran pers yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Rabu (15/4).

Program Kartu Prakerja adalah, program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan daya beli, akibat pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Kartu Prakerja diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19.

Adapun Syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Pendaftarannya terdiri dari 3 tahap. Tahap 1, calon peserta atau pendaftar membuat akun prakerja di situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Data akan diverifikasi ke kementerian/lembaga terkait; Tahap 2, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama kurang lebih 15 menit; Dan tahap 3, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Setiap minggunya, mulai dari saat dilaunching sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164 ribu peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. Untuk gelombang pertama, pendaftaran dibuka sampai Kamis 16 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat 17 April 2020. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya.

“Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Dan, total anggaran yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun ini adalah sebesar Rp20 triliun,” ungkap Menko Airlangga.

Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi UKM, akan membantu memberikan pendampingan pendaftaran dan membantu menyediakan beberapa komputer untuk masyarakat di tempat yang ditentukan Pemda.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan online. Ke depan, setelah kondisi normal, maka pelatihan juga akan melalui tatap muka (offline). Bantuan pelatihan lewat Kartu Prakerja ini hanya diberikan satu kali kepada satu orang. “Supaya manfaat ini dapat merata dan lebih banyak,” ujar Menko Airlangga.

Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan.

Peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu: Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari, bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.

Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian: 1. Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000); 2.Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).

Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Bantuan akan hangus, apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu prakerja untuk pelatihan pertama. Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

Berita lain untuk anda

Cegah Covid-19 Di Kaimana, Sahabat Kaibus Bagi-Bagi Masker Gratis Di Pasar

 471 total views (dibaca)  471 total views (dibaca) Kaimana, TN- Penyebaran virus corona disease (Covid-19) yang sudah…

Kecelakaan Maut di Sorong, Anggota Polsek Moraid Meninggal Dunia

 497 total views (dibaca)  497 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Peristiwa kecelakaan maut antara dua pengendara sepeda…

Pusaran Dugaan Korupsi ATK, Giliran Walikota dan Ketua Dewan Dipanggil Jaksa

 428 total views (dibaca)  428 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG –Walikota Sorong, Lambert Jitmau dan Ketua DPRD Kota…

Diduga Ada Mark Up Nilai Sewa Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sorong

 474 total views (dibaca)  474 total views (dibaca) Sorong, TN – Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sorong, RS,…

Besaran Iuran JKN-KIS Berubah, Pemkab Tambrauw Teken Addendum Dengan BPJS Kesehatan

 430 total views (dibaca)  430 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TAMBRAUW – Komitmen Pemerintah Daerah dalam memastikan masyarakatnya…

Generasi Penerus Diajak Peduli Kebersihan Lingkungan

 397 total views (dibaca)  397 total views (dibaca) Boven Digoel, TN – Babinsa Ramil 1711-02/MDT, Serda Yusup…

Gubernur Maluku Serahkan SK Penetapan Lokasi Pelabuhan Kilang LNG Abadi ke SKK Migas

 395 total views (dibaca)  395 total views (dibaca) Jakarta, TN – Gubernur Maluku, Murad Ismail, secara resmi…

Fraksi NasDem DPRD Maybrat Desak Pemilihan Kepala Kampung Serentak

 404 total views (dibaca)  404 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Maybrat mendesak…

Gunakan Pesawat Kepresidenan, Jokowi Tiba di Sulsel

 413 total views (dibaca)  413 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tiba…

Ini Kata Bupati Telbin Pada Penetapan APBD-P 2020

 403 total views (dibaca)  403 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI- Sidang Paripurna DPRD Teluk Bintuni masa sidang kedua…