Pencahayaan yang Tepat sebagai Aspek Penunjang Kenyamanan serta Keindahan Seluruh Rumah

In - Lite ( ilustrasi)

TEROPONGNEWS.COM –  IN-LITE,penyedia lampu LED asal Indonesia,bekerja sama dengan Casa Indonesia menyelenggarakan webinar yang bertemakan ‘Your Cozy Sanctuary: Lampu sebagai Dekorasi Penting dalam Rumah untuk Menambah Kenyamanan’ yang dihadiri oleh Komunitas Tetangga Online dan para ahli di bidang desain interior. Diskusi ini menyimpulkan bahwa tidak hanya berfungsi sebagai alat penerangan, lampu juga merupakan salah satu elemen penting dalam aspek dekorasi yang kerap kali terabaikan oleh para pemilik properti.

Adianto Salim, co-founder dan creative director dari Insignio Studio menjelaskan, “Tujuan penerangan dalam desain interior digunakan untuk membantu mengarahkan mata kita dalam melihat objek dalam ruangan secara menyeluruh. Sumber penerangan dibagi menjadi dua, cahaya natural dan cahaya arsitektural. Penggunaan cahaya natural dapat dimaksimalkan dari bukaan ventilasi, dan cahaya arsitektural dapat menjadi sumber penerangan pendukung yang berfokus pada kegiatan di dalam ruangan. Anda dapat menyesuaikan pemilihan penerangan berdasarkan fungsi ruangan. Terapkan penerangan yang berlapis dengan general lighting, indirect lighting, spot light yang fokus di area kegiatan, dan decorative light di titik-titik tertentu. Anda juga dapat memfokuskan titik cahaya ke detail arsitektur atau tekstur yang menarik untuk menciptakan efek dramatis. Pemilihan warna lampu juga mampu mempengaruhi mood.”

Dalam perencanaan desain sebuah ruangan, lampu memegang peranan penting. Pemilihan lampu yang tepat dapat menambah nilai obyek visual seperti furnitur, lukisan, patung, atau tekstur suatu permukaan. Permainan bayangan dan garis cahaya juga bisa menjadi fitur dekoratif yang menarik. Adi berpesan untuk jangan takut bereksperimen dan bersenang-senang dalam mendesain ruangan impian.

Dalam kesempatan yang sama, Fransiska Darmawan, General Marketing Manager In-Lite mengungkapkan, “Kami melihat tren tingginya minat terhadap home improvement, terutama pada masa pandemi ini. Kehadiran lampu merupakan kebutuhan yang selalu kita nikmati setiap hari, namun, fungsinya sebagai elemen penting dari dekorasi rumah kerap diabaikan. Kami berharap dengan diadakannya webinar ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat mengenai pentingnya penggunaan pencahayaan untuk menunjang kenyamanan dan estetik rumah.”

Sebagaimereklokal yang menyediakan one stop lighting solution, In-Lite berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan penerangan berbasis LED bagi masyarakat Indonesia. In-Lite menyediakan jenis-jenis produk lampu yang lengkap untuk seluruh ruangan dengan harga yang kompetitif, berkualitas tinggi, dan bersertifikasi SNI. Sebagai upaya In-Lite dalam menjangkau masyarakat, kini In-Lite tersedia di berbagai platform digital, jaringan minimarket, supermarket bahan bangunan, serta toko-toko listrik di seluruh Indonesia. Melalui kemudahan akses terhadap produk, In-Lite berharap dapat menerangi Indonesia dengan pencahayaan yang berkualitas dan berjangka panjang.