Kepala BPKAD Kabupaten Teluk Bintuni, Herman Kayame

 450 total views (dibaca)

Bintuni,TN- Guna mempercepat penanganan COVID-19 maka Pemerintah Daerah Teluk Bintuni sedang melakukan relokasi dana yang bersumber dari anggara pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020.

Kepada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Teluk Bintuni, Herman Kayame kepada wartawan, Rabu (29/4) mengatakan, berdasarkan surat keterangan bersama (SKB) Mendagri dan Mentri Keuangan tentang percepatan pengananan COVID-19 telah dilakukan.

Langkah untuk menindaklanjuti SKB Mentri Keuangan dan Mendagri itu, Pemda Teluk Bintuni telah merelokasikan anggaran dari program kerja yang dianggap tidak dapat dilaksakan ke bantuan tidak langsung.

Dari bantuan tidak langsung itu dapat digunakan oleh dua tim satgas yang dibentuk Pemerintah Daerah yaitu, Satgas penanganan COVID-19 dan Satgas penangan dampak ekonomi akibat virus corona.

Kedua satgas ini dapat mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk menggunakan anggaran itu dalam rangka antisipasi dan penanganan penyebaran virus corona disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Teluk Bintuni.

Untuk memaksimalan anggaran terkait penanganan COVID maka Kaban BPKAD Teluk Bintuni menegaskan bahwa, dalam pekan ini tidak ada penagihan atau pencarian supaya difocuskan pada relokasi.

Lanjut Kayame, berdasarkan Perpres nomor 78 tahun 2019 dan PMK nomor 35 tahun 2020 tentang Pagu anggaran yang dibagi dari pusat ke daerah, Kabupaten Teluk Bintuni terjadi pengurangan sebesar Rp 399 milyar lebih.

“Karena itu pada kepala OPD harus berjiwa besar untuk kita melakukan relokasi atau pemotongan anggaran, meskipun dapat mempengaruhi APBD Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2020” kata Herman Kayame.

Karena itu Pemda akan menyesuaikan pendapatan asli daerah (PAD) kemudian pembagian dari pusat dan pendapatan dari Provinsi Papua Barat sehingga APBD yang digunakan sesuai anggaran yang telah direlokasi.

“Langkah yang kita lakukan adalah kepada semua OPD untuk mempersiapkan realokasi dan refocus dana untuk kita memotong semuan kegiatan-kegiatan yang bisa dipending pelaksanaannya seperti perjalanan dinas, bimtek, sosialisasi dan diklat pin serta kegiatan-kegiatan fisik. Untuk kita merealokasikan dana pertama, mengurangin pengurangan anggaran kita dari pusat, kedua kita mengalokasikan dana untuk penanganan COVID-19” jelas Kayame. Dia berharap, dengan anggaran yang telah dialokasikan akan dipergukan untuk penanganan COVID-19 supaya dalam waktu dekat segera berakhir.

Berita lain untuk anda

Bupati Merauke Upayakan Agar Bulog Tetap Menyerap Beras Bukan Gabah

 423 total views (dibaca)  423 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di pertengahan tahun 2021 ini, secara…

PPDB SMA Negeri 1 Merauke Terbatas, Ini Syaratnya !

 272 total views (dibaca)  272 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala SMA Negeri 1 Merauke, Soleman…

TNI AL Buka Rekrutmen Calon Bintara Dan Tantama Tahun 2021

 443 total views (dibaca)  443 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – TNI Angkatan Laut (AL) sedang melaksanaan pendaftaran…

Edyson Menebang Pohon, Warga Klatomok Menuai Tersangka

 474 total views (dibaca)  474 total views (dibaca) Pilu Marga Kalami Malasili Memperjuangkan Hak Atas Ulayatnya (Bagian…

Sekretaris BPBD Jatim Kunjungi Pos Desk Relawan Erupsi Semeru SRPB Jatim

 404 total views (dibaca)  404 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, LUMAJANG – Pos Desk Relawan Erupsi Semeru yang…

Terkait LKPj Bupati Sorong, Sem Mugu: Kami Tetap Komitmen Menolak!

 436 total views (dibaca)  436 total views (dibaca) Aimas, TN – Ketua Fraksi Noken Aspirasi DPRD Kabupaten…

Anggota DPR RI Ajak Dinas dan Mitra Tingkatkan Koordinasi Untuk Bangun Merauke

 403 total views (dibaca)  403 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI, H.…

Hillary Lasut: Masyarakat Harus Stay At Home

 536 total views (dibaca)  536 total views (dibaca) Talaud, TN – Anggota Komisi I DPR-RI daerah pemilihan…

Kontribusi Minyak Bumi dari Kabupaten Sorong Meningkat, Hasil Pengeboran Sumur PEP Zona 14 Papua Field

 1,980 total views (dibaca)  1,980 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ketahanan dan kemandirian energi menjadi sasaran…

Rumah Pegawai Akan Dibangun, 70 Persen Pembangunan Jalan Gang di Merauke Rampung

 409 total views (dibaca)  409 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tahun ini, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan…