Berita

Pempus Setuju LIN dan Ambon New Port Jadi Program Strategis Nasional

×

Pempus Setuju LIN dan Ambon New Port Jadi Program Strategis Nasional

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Semuel Huwae. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Pusat (Pempus) akhirnya setuju, jika Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port dijadikan sebagai Program Strategis Nasional dan akan segera terealisasi di akhir tahun 2021 ini.

1039
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan ground breaking (peletakkan batu pertama) dimulainya pembangunan Ambon New Port dan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi pada bulan November 2021 nanti,” ujar Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Semuel Huwae kepada wartawan, di Ambon, Kamis (29/7/2021).

Untuk memantapkan rencana pembangunan mega proyek tersebut, menurut Huwae, mska Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, mengundang Gubernur Maluku, Murad Ismail beserta sejumlah menteri terkait, untuk membahas kesiapan pembangunan Ambon New Port dan LIN di Maluku.

Rapat yang berlangsung secara virtual itu berlangsung pada Rabu (28/7/2021). Hadir dalam rapat tersebut juga Gubernur Maluku Utara dan Papua Barat.

“Pelabuhan sudah berkomitmen untuk membangun Pelabuhan Ambon Baru yang merupakan pelabuhan terintegrasi antara pelabuhan logistik dan pelabuhan perikanan serta industri perikanan di dalam satu kawasan,” kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut berharap, pembangunan Ambon New Port dan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi ini dapat berjalan sesuai dengan jadwal, karena direncanakan proyek strategis nasional ini akan diresmikan di akhir tahun 2023 mendatang.

“Kementerian Perhubungan dan KKP agar mempercepat proses pembahasan teknis pembangunan pelabuhan perikanan dengan melibatkan kementerian terkait dan Pemda Maluku, untuk mempercepat pembangunan Ambon New Port,” tandasnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Wahyu Trenggono, dalam rapat tersebut mengatakan, jumlah pelabuhan perikanan di sekitar Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 718 ada sebanyak 8 pelabuhan.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut yakni, PPN Ambon, PPN Tual, PP Dobo, PP Benjina, PP Saumlaki, PPN Sorong, PPN Merauke dan PP Poumako. Dengan musim penangkapan selama delapan bulan, potensi yang dimiliki WPP 718 total produksinya sebesar 1.118.510 ton per tahun.

“Semua ekspor di sekitar WPP 718 akan dilakukan dari Ambon New Port, termasuk dari PPN Merauke dan lainnya,” katanya.