Berita

Pemprov Sulsel Launching Direct Flight, Ini Tujuannya

×

Pemprov Sulsel Launching Direct Flight, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini
Peresmian direct flight, yang berlangsung di Ruang Command Center Kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (23/2/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Akhirnya penerbangan langsung atau direct flight dari Makassar–Lombok–Makassar atau UPG–LOP–UPG telah dilaunching. Hal ini merupakan hasil upaya Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

1473
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

BPPD Sulsel menjadi bagian dari kemegahan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Peresmian direct flight dilakukan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel Devo Khadafi bersama Ketua BPPD Sulsel, Andry S. Arief Bulu, Corporate Communication Strategic Lion Group Danang Mandala Prihantoro, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel Hasiando Ginsar Manik beserta para pelaku industri terkait yang berlangsung di Ruang Command Center Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (23/2/2022).

Rencananya penerbangan pertama dari Makassar ke Lombok akan dilakukan pada 9 Maret 2022, sedangkan dari Lombok ke Makassar pada 10 Maret 2022. Penerbangan perdana akan menggunakan maskapai penerbangan Wings Air dari Lion Air Group.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, atas nama bapak Plt Gubernur Sulawesi Selatan, secara resmi melaunching direct flight Makassar–Lombok–Makassar,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel Devo Khadafi, saat launching.

Devo pun mengapresiasi upaya BPPD Sulsel bersama Lion Air Grup, dengan hadirnya penerbangan langsung Makasar–Lombok–Makassar ini.

“Menunjukkan eksistensi tentang pentingnya badan promosi bagi dunia kepariwisataan di Sulsel. Ini luar biasa, untuk merecoveri ekonomi,” katanya.

Devo mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan pentingnya sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi.

“Sektor pariwisata akan jadi lokomotif kebangkitan ekonomi Sulsel. Hal ini yang selalu ditekankan oleh bapak Plt Gubernur Sulsel. Pariwisata adalah kebanggaan Sulsel, jadi lokomotif kebangkitan ekonomi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BPPD Sulsel Andry S. Arief Bulu mengaku, hadirnya direct flight ini tindaklanjut atas kerjasama antara BPPD Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Sirkut Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (11/1/2022) lalu.

Kegiatan ini sebelumnya dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Menurutnya, di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, kolaborasi bersama menjadi kunci dalam upaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang juga akan berdampak pada perekonomian.

“Perhelatan MotoGP ini, target kami bagaimana untuk mempromosikan Sulawesi Selatan di luar, yang akan bermanfaat bagi dunia pariwisata di Sulawesi Selatan,” kata Andry.

Ia membeberkan, penerbangan langsung Makassar-Lombok ini sempat terhenti beberapa tahun lalu, hingga berkat kerjasama, kini mampu menghadirkan penerbangan langsung.

“Penerbangan langsung ini mempersingkat jarak tempuh dan waktu, serta biaya yang lebih murah. Jadi dengan penerbangan langsung Makassar–Lombok diperkirakan sekitar 1 jam 45 menit. Dibandingkan harus transit ke Denpasar dan Surabaya, yang harus memakan waktu sampai 7 jam,” lanjutnya.

Tak hanya itu, BPPD Sulsel telah membuka Layanan untuk penjualan tiket nonton MotoGP musim 2022. Penjualan tiket ini menyediakan beberapa pilihan yang dapat diakses melalui https://bit.ly/formregistrasiticket-bppdsulsel.

Di tempat yang sama, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Hasiando Ginsar Manik mengatakan, hadirnya layanan direct filght ini merupakan kerja nyata dalam mewujudkan Sulawesi Selatan, sebagai pusat keberagaman destinasi dan kearifan lokal di Indonesia Timur, yang dikenal dengan sebutan “South Sulawesi Colorful Experience”.

“Kami memandang tagline tersebut sangat sesuai dengan profil Sulawesi Selatan yang dipenuhi oleh berbagai destinasi wisata yang rupawan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Corporate Communication Strategic Lion Group Danang Mandala. Menurut dia, hadirnya penerbangan langsung ini untuk mendukung proses percepatan pemulihan perekonomian, khususnya di sektor pariwisata.