Pemprov Sulsel Fokus Bangun Infrastruktur Pertanian

Pemerintah Provinsi Sulsel melakukan penanganan pada Daerah Irigasi Leworeng, di Kabupaten Soppeng, untuk tahun anggaran 2022. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Infrastruktur pertanian terus menjadi fokus Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Hal itu untuk mendukung hasil pertanian yang maksimal.

Mengingat, Provinsi Sulawesi Selatan sebagai daerah yang memiliki potensi kekayaan alam. Terlebih, Sulsel dikenal sebagai penopang pangan Nasional.

Mendukung hal itu, Pemerintah Provinsi Sulsel tengah melakukan penanganan pada Daerah Irigasi Leworeng, di Kabupaten Soppeng, untuk tahun anggaran 2022.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, penanganan rehabilitasi DI Leworeng di Kabupaten Soppeng tengah berproses.

“Alhamdulillah, saat ini tengah progres pengerjaan rehab DI Leworeng di Soppeng. Tujuan dari pengerjaan ini yaitu memperbaiki/mengembalikan dan mengoptimalkan fungsi saluran irigasi sehingga dapat meningkatkan hasil produksi tanam petani,” kata dia kepada wartawan, di Makassar, Senin (6/6/2022).

DI Leworeng ini berfungsi seluas 2.187 hektar. Dengan pengerjaan tersebut, maka akan mengoptimalkan penyaluran air seluas 420 hektar.

“Kita berharap, dengan rehab DI Leworeng ini, maka akan menormalkan kembali fungsi aliran air dari Bendung Leworeng ke lahan pertanian masyarakat,” ujarnya.

Upaya ini diharapkan akan meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

“Tentu dengan adanya rehabilitasi Daerah aliran air ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian, yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” tandas Andi Sudirman.