Sejumlah aset yang ditertibkan Pemprov Sulsel. Salah satunya Gedung Juang 45. Foto-Ist/TN

 1,292 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Upaya penertiban aset gencar dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Selama kepemimpinannya, Pemprov Sulsel berhasil menertibkan aset yang sempat bermasalah dan diklaim oleh pihak ketiga. Totalnya lebih dari Rp 8,1 triliun.

Beberapa diantaranya aset P3D, pacuan kuda, lahan Stadion Barombong, gedung Juang 45, puluhan sertifikat, lahan gedung PWI, gedung BSB, tanah Al Markaz dan sejumlah aset lainnya.

Selain penertiban aset, atas perjuangan Gubernur Andi Sudirman, PT. Vale Indonesia Tbk telah menyerahkan Bandara Sorowako kepada Pemprov Sulsel.

Adapun tiga objek yang diserahkan PT Vale, yakni lahan seluas 25,4 hektar, barang bergerak berupa aset-aset yang berfungsi sebagai sarana dan prasarana yang mendukung pengoperasian Bandara Sorowako, serta pengelolaan jasa kebandarudaraan atas Bandar Udara Sorowako, di Kabupaten Luwu Timur.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan, upaya penertiban aset itu tidak lepas dari sinergitas Pemprov Sulsel dengan stakeholder lainnya.

“Alhamdulillah, Rp 8,1 triliun lebih aset Pemprov Sulsel telah kita tertibkan. Penertiban aset ini, sebagai upaya pemprov untuk mengoptimalisasi aset, sehingga bisa meningkatkan PAD, serta memberikan manfaat ekonomi dan manfaat sosial bagi masyarakat Sulawesi Selatan secara umum,” jelasnya kepada wartawan, di Makassar, Rabu (22/6/2022).

Berkat sinergi dan kolaborasi tersebut, penertiban dan penyelamatan aset dapat dilakukan. “Hal ini tentu tida lepas dari dukungan dan sinergitas Pemprov Sulsel bersama KPK, Kejaksaan, BPN, Polda, serta unsur terkait lainnya, kami berhasil menertibkan sejumlah aset milik Pemprov. Kolaborasi ini merupakan sinergitas nyata dalam penyelesaian mengenai aset Pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah pada BKAD Sulsel, Murni mengatakan, Pemprov Sulsel terus melakukan penertiban aset Pemerintah yang dikuasai pihak ketiga.

“Hal ini tidak terlepas dari upaya arahan dari Gubernur Sulsel, bapak Andi Sudirman Sulaiman, untuk menerus mendorong penertiban aset,” kata Murni kepada wartawan, di Makassar, Rabu (22/6/2022).

Ia mengaku, penerbitan aset itu dilakukan mengacu pada Permendagri 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Berita lain untuk anda

Secara Simbolis, H. Sulaeman Serahkan Bantuan Program P2L Kepada Kelompok Ibu-ibu

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Penyerahan bantuan program Pekarangan Pangan Lestari…

Anisto Terancam Dipecat Golkar, Bernard Sagrim Minta Agar Dia Sekolah Lagi

 407 total views (dibaca)  407 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Pemenangan Pemilu…

Pilkada Berlangsung Aman, Mapolda Papua Barat ‘Dibanjiri’ Karangan Bunga

 433 total views (dibaca)  433 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 yang berlangsung di 9…

Kenapa Komisioner KPUD Bintuni Mangkir Rapat Pleno? Didimus Tidur, Lukman Tidak Bisa Masuk

 376 total views (dibaca)  376 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Tidak hadirnya dua orang Komisioner KPUD…

Polair Polres Merauke Bagikan Paket Sembako Kepada Para TKBM

 445 total views (dibaca)  445 total views (dibaca) Merauke, TN – Kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Ary…

Tokoh Adat Malamoi Apresiasi Pengumuman Hasil Tes CPNS 2018

 465 total views (dibaca)  465 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Jumlah peserta lolos Calon Pegawai Negeri…

Lakukan Reses, Fahmi Macap Sebut Masyarakat Ingin Pembangunan Tetap Berjalan di Raja Ampat

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, RAJA AMPAT- Anggota DPRD kabupaten Raja Ampat…

Sikapi Insiden Kamundan, Tim Hukum PMK2 Bergerak Cepat Melapor Ke Panwaslu dan Polisi

 412 total views (dibaca)  412 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Tim hukum kandidat calon Bupati dan…

Ganja Seberat 2 Kg Dimusnahkan Di Sorong

 403 total views (dibaca)  403 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua Barat…

Wali Kota Ternate: Pemerintah Berupaya Pulihkan Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

 455 total views (dibaca)  455 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman mengaku,…