Berita

Pemkot Sorong Gelar Apel Kesiapsiagaan, Antisipasi Bencana Alam

×

Pemkot Sorong Gelar Apel Kesiapsiagaan, Antisipasi Bencana Alam

Sebarkan artikel ini
Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M. M,. saat memimpin apel kesiapsiagaan di Makorem 181/PVT Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong, Jumat (22/1/2021), menggelar apel Pasukan dan Peralatan Dalam Rangka penanggulangan Bencana Alam di Kota Sorong. Apel tersebut digelar di halaman upacara Makorem 181/PVT Sorong, dan dipimpin langsung oleh walikota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, M. M,.

1475
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi kejadian bencana alam di Kota Sorong, sehingga perlu dilakukan upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana berupa personil dan peralatan.

Turut hadir di kegiatan tersebut Pangkoarmada III/Sorong Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. Han, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri,.S.E, Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Danlantamal XIV Brigjen TNI Mar Markos, S.E, Danyon marhalan XIV Sorong Letkol Mar Bejo Santoso, Dandim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman,SE,M.I.Pol,MM, Kapolres Kota Sorong AKBP Ary Nyoto Setiawan, Dikpolairud Kombes Budi Utomo S.Ik., pejabat Pemkot Sorong, dan stakeholder terkait.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, tapi melibatkan unsur terkait serta seluruh masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan partisipasi semua pihak stake holder yang saling bersinergi dalam mengantisipasi serta menghadapi bencana alam, “ujar walikota Sorong

Menurut Walikota, kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, sebagai upaya mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana alam di Kota Sorong, dimana bencana alam dapat terjadi kapan dan di mana saja di wilayah Kota Sorong.

Selain itu, sebagai gerak langkah kontijensi bencana untuk menyusun skenario penanganan darurat ketika terjadi bencana berdasarkan kajian teknis dari instansi yang berwenang.

“Tujuannya, agar sarana prasarana vital, serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi”, ujar Walikota.

Dengan menggunakan prinsip cepat dan tepat, lanjut orang nomor satu di Kota Sorong, dapat meminimalisir korban, dengan lebih banyak dilakukan penyelamatan korban dan harta benda, yang dapat dilakukan secara terpadu dengan sinergitas dan solidaritas.

Adapun peralatan yang digelar sebagai berikut;

  1. 2 Alat berat
  2. 8 LCR 1 serta Peralatan Dapur kapasitas memasak 1 SST, Tenda lapangan, pelbet
  3. Radio,Aki,Jetset,Solar Sell, Antena radio.
  4. 8 Peralatan scuba
  5. Obat obatan
  6. 4 Tali repling
  7. 2 Mobil Damkar
  8. 2 Mobil Ambulance PMI
  9. 20 SPM Patroli Babinsa
  10. 10 truk
  11. 6 Mobil Patroli
  12. 4 Mobil Ambulance