Pemkot-PT. Telkom Jalin Kerjasama Bangun Jaringan Fiber Optik

Juru bicara (Jubir) Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Di era digitalisasi saat ini, keberadaan jaringan internet telah menjadi kebutuhan masyarakat, selain itu Internet juga diperlukan untuk penyediaan pelayanan publik yang optimal.

Sehubungan dengan hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Kominfo Dan Persandian, bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia telah membangun jaringan fiber optik pada sejumlah negeri, di wilayah Kecamatan Leitimur Selatan yang belum terkoneksi internet.

Kerjasama dengan PT. Telkom juga dilakukan dalam pembangunan 100 spot WiFi Tabea.id di ruang publik, yang dapat diakses secara gratis oleh masyarakat.

“Untuk pembangunan jaringan fiber optik, pada akhir Maret 2021 sudah ada tiga negeri yang dapat dapat menggunakan jaringan internet dan melakukan pelayanan secara daring, yaitu Naku, Kilang, dan Ema, sementara negeri Hatalai masih dalam proses,“ jelas Kepala Dinas Kominfo dan persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan, di Ambon, Jumat (7/5/2021).

Menurutnya, untuk Negeri Hatalai, masih dalam proses pembangunan jaringan fiber optik, dan ditargetkan akan selesai pada Desember tahun ini.

“Diharapkan akhir tahun ini semua negeri sudah tercover Internet dengan tuntas,” ujar dia.

Sementara itu, terkait pembangunan 100 spot WiFi gratis Tabea.id, Joy tetap optimis akan rampung tahun ini, walaupun masih ada kendala di lapangan.

“Saat ini dalam proses pemasangan 40 spot WiFi, untuk melengkapi 10 spot WiFi Tabea.id yang telah dimafaatkan oleh masyarakat, namun masih ada hambatan pada penyiapan Optical Distribution Port (ODP) yang sedang dibenahi PT. Telkom” kata Joy.

Selain hambatan teknis, menurutnya, titik lokasi untuk pemasangan WiFi juga masih menunggu usulan atau permintaan Lurah, dan Kades/Raja.

“Paling tidak usulan itu sudah disertakan titik lokasi pemasangan, sehingga dapat kita lakukan survey,” ujarnya.

Dia beharap dukungan dari semua pihak, agar seluruh wilayah Kota Ambon dapat menikmati jaringan internet dan WiFi gratis, untuk mendukung program kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon yakni; Ambon Cerdas.

“Untuk itu kita berharap dukungan BAKTI–Kementerian Kominfo RI, dan juga PT. Telkom, agar kita dapat mewujudkan Ambon yang cerdas,” tandasnya.