Pemkot Kupang Pasang 1.800 Unit Lampu PJU

Pemerintah Kota Kupang sementara memasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 1.800 unit. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Wajah Kota Kupang kini lebih tertata dan semakin indah, di masa kepemimpinan Wali Kota Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Hermanus Man. Sejak memimpin Kota Kupang pada tahun 2017, berbagai infrastruktur dibangun, untuk menata Kota Kupang lebih bermartabat.

Pada tahun 2020 ini, Pemerintah Kota Kupang kembali menambah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Saat ini sedang dalam proses pemasangan 1.800 unit lampu penerangan. Lampu-lampu dengan tiang dekoratif ini dipasang khusus, untuk jalan-jalan protokol di Kota Kupang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang, Benyamin Ndapamerang mengatakan, pemasangan lampu penerangan jalan adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap kenyamanan masyarakat. Dengan lampu yang berjejer di sepanjang jalan, Kota Kupang menjadi lebih terang di malam hari.

Benyamin mengatakan, saat ini ada dua jenis lampu yang sedang dipasang, yakni lampu dengan tiang setinggi 7 meter dan 9 meter. Ada tiang dekoratif 9 meter yang dipasang sepanjang jalan protokol yaitu Jalan Adisucipto, Jalan Piet A. Tallo, Jalan Frans Seda dan Jalan El Tari.

Kemudian lampu dengan tiang berukuran 7 meter dipasang di jalan-jalan lingkungan seperti di kelurahan.

“Inikan memang program dari Pak Wali Kota untuk membuat kota terang, sehingga dari sisi keamanan juga masyarakat merasa lebih aman, kemudian kota lebih kelihatan indah, karena bagaimana pun juga ini ibu kota Provinsi NTT,” jelas Ndapamerang lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, untuk pemasangan lampu baru ini, Pemkot tetap berkoordinasi dengan PLN, sehingga apabila sudah dinyalakan, lampu lama yang ada di sepanjang jalan protokol dipindahkan ke jalan lingkungan di kelurahan.

“Ini yang diinginkan Pak Wali Kota, supaya masyarakat melintas atau pulang walaupun malam sekalipun, mereka tetap merasa nyaman,” ungkapnya.

Untuk diketahui, untuk lampu penerangan jalan, Pemkot Kupang mengalokasikan anggaran senilai Rp 27 miliar. Targetnya pemasangan 1.800 lampu baru ini selesai di awal November 2020.