Pemkot Ambon Raih Dua Penghargaan Top Digital Awards 2020

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon meraih dua penghargaan Top Digital Awards 2020. Dua penghargaan yang diraih Pemkot dan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dari majalah It Works kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menutup kerja Pemkot Ambon di tahun 2020.

Bagi Wali Kota, penghargaan dan apresiasi yang didapat Pemkot Ambon selama setahun ini dan dalam tiga tahun kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler tidak terlepas dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dengan hati bersama DPRD, Forkopimda, organisasi perangkat daerah (OPD), stakeholder terkait termasuk masyarakat sebagai pendukung utama.

“Karena semangat dan kerja keras kita semua, hasilnya satu demi satu kita raih. Kita sudah banyak menabur, kini saatnya kita tuai hasilnya. Mari kita bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, atas seluruh prestasi dan kinerja yang telah kita capai bersama,” ajaknya saat penyerahan trophy Top Digital Awards (TDA) 2020 di lapangan apel Balaikota Ambon, Rabu (30/12/2020).

Menurut Wali Kota, diera digitalisasi ini, teknologi memegang peranan penting dan jadi kunci. Manakala jika mengikuti perkembangan yang sedang didesain beberapa negara maju, dimana mobil yang tidak lagi dikendarai supir atau orang. Tapi dikendalikan melalui HP android. Yang mungkin 1-2 tahun kedepan sudah bisa diproduksi.

“Ini jadi tantangan kedepan. Sebab tenaga manusia dan kinerja pada ruang tidak lagi dibutuhkan, namun semua berbasis IT, atau digital. Kuncinya tentu satu saja, yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM),” tegas dia.

Ditambahkan, Kota Ambon bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia dan dunia, jika memiliki SDM yang mumpuni. Jika melihat fakta persentase begitu banyak pegawai pensiun ditahun kemarin dan tahun ini tetapi tidak berbanding dengan rekrutmen pegawai baru pada job yang ada.

Karena biasanya salah satu pekerjaan yang dilaksanakan lima orang, itu bisa diselesaikan hanya oleh satu orang lewat peranan digitalisasi. Sehingga kedepan nanti semua orang yang ingin bekerja tentu syarat utamanya harus menguasai IT.

“Dua penghargaan Top Digital Awards yang diraih ini tidak terlepas dari kerja keras Kadis Kominfo-Sandi dan jajaran, dibantu seluruh tim OPD Pemkot sehingga Kemenkominfo dan mitranya memberi apresiasi kepada kinerja kita, walau saya sadar masih banyak kekurangan yang harus terus kita benahi,” tandas Wali Kota.