Penjabat Wali Kota, Bodewin M. Wattimena. Foto-Ist/TN

 432 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bertekad, untuk kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah.

Tekad ini dinyatakan dengan penyematan Pin “Kota Ambon Menuju WTP” oleh Penjabat Wali Kota, Bodewin M. Wattimena secara simbolis kepada sejumlah ASN.

Wattimena mengatakan, penyematan Pin tersebut bukan merupakan beban atau hukuman untuk mempermalukan ASN Pemkot Ambon, namun sebagai motivasi dalam bekerja.

“Ambon yang merupakan kota tertua, sekaligus ibukota Provinsi Maluku beberapa waktu lalu mendapat opini disclaimer oleh BPK RI. Oleh sebab itu, Pin ini dimaknai sebagai motivasi bagi kita untuk kembali meraih WTP,” tegas dia kepada wartawan, di Ambon, Rabu (8/6/2022).

Dia mengaku, ada beberapa faktor yang menyebabkan BPK memberikan opini disclaimer bagi kota Ambon, diantaranya, karena kota Ambon dinilai belum mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar.

“Ini bukan tanggung jawab Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat dan bahkan Sekretaris Kota (Sekkot) semata, tapi semua ASN di Pemkot mulai dari merencanakan anggaran, penatausahaan keuangan, sampai dengan pertanggungjawaban. Namun yang paling menojol adalah dalam penatausahaan keuangan,” kata Wattimena.

Menurut dia, dalam penatausahaan keuangan yang harus dilakukan perubahan mendasar, yakni terkait kapasitas pejabat dan staf pendukungnya.

“Semua masuk dalam tahapan evaluasi, setelah dilakukan konsolidasi internal maka langkah penataan birokasi itu akan dilakukan, tentu dengan pertimbangan kemampuan dan kapasitas pejabat dimaksud,” pungkas dia.

Selain itu, penyebab Disclaimer, lajut Wattimena, adalah karena pengelolaan aset daerah. Dimana banyak aset yang tidak diketahui keberadaannya.

Untuk menelusuri aset- aset tersebut, dia menyatakan, pihaknya akan membentuk tim khusus invetarisasi aset.

“Kita akan bentuk tim investarisasi aset, untuk menelusuri aset Pemkot yang mungkin dari dulu masih tercatat tapi tidak tahu keberadaannya. Hal ini mestinya sudah dilakukan sebelumnya. Kalau sudah telusuri kita keluarkan dari catatan dengan cara diusulkan pemutihan,” terangnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, opini disclaimer yang diterima Pemkot Ambon juga ada kaitannya dengan pengelolaan perencaan yang dimulai dari Bappeda–Litbang.

“Tentunya nanti ada perbaikan–perbaikan yang kita lakukan, sehingga ketika nantinya opini WTP dapat kita raih, maka hal itu adalah hasil dari proses yang dilakukan saat ini,” tandas Wattimena.

Berita lain untuk anda

Pendaftaran Via Online, STIE dan STIH Caritas Papua Gunakan Kop ULM

 507 total views (dibaca)  507 total views (dibaca) Manokwari,TN– Dalam situasi pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19)…

Nevile: Belum Ada Alokasi Vaksin Untuk Merauke

 470 total views (dibaca)  470 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke sementara masih…

April 2022, NTP di Malut Naik 0,67 Persen

 525 total views (dibaca)  525 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pada April 2022, Nilai Tukar Petani…

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Polsek Sota Tanam Pohon di Perbatasan RI-PNG

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) Merauke, TN – Kapolsek Sota, Iptu Makruf Soeroto beserta…

Aniaya Seorang Wanita, Oknum Perwira Polres Sorong Kota Ditahan

 485 total views (dibaca)  485 total views (dibaca) Sorong,TN – Seorang oknum perwira Polres Sorong Kota, Alexander…

Yonas Yewen : Seminar Sehari Mahasiswa Mare merupakan Hal yang Positif

 450 total views (dibaca)  450 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maybrat menghadiri…

Ini Dua Program Khusus PGRI Kabupaten Merauke

 424 total views (dibaca)  424 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebagai bentuk perhatian kepada anggotanya, PGRI…

Melalui Latihan Menembak, Danlantamal XI Ajak Segenap Prajurit Pertahankan Profesionalisme

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) Merauke, TN – Komandan Lantamal XI Merauke Brigjen TNI…

Tiga Fraksi Setujui Raperda APBD Raja Ampat 2022 Rp1.349 T

 464 total views (dibaca)  464 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Sidang penutupan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah…

Faujia H Tampubolon Umlati Dilantik Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Raja Ampat

 430 total views (dibaca)  430 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Pengambilan sumpah dan janji bupati dan wakil…