Pemkab Luwu Utara Gelar Bazar Pangan Murah

Rapat koordinasi menjelang pelaksanaan Bazar Pangan Murah (BPM) Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, Badan Pangan Nasional menginstruksikan seluruh pemerintah daerah untuk memfasilitasi kegiatan Bazar Pangan Murah (BPM) di daerah masing-masing.

Olehnya itu, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Luwu Utara sebagai fasilitator menyelenggarakan Bazar Pangan Murah selama dua hari yang dimulai hari ini hingga Selasa (11/10/2022).

Plt. Kepala DPKP Kabupaten Luwu Utara, Rusydi Rasyid, kegiatan Bazar Pangan Murah bertujuan untuk membantu masyarakat, pasca kenaikan harga BBM.

“”Kita berharap kegiatan yang berlangsung hari ini bisa membantu masyarakat, di tengah situasi sulit seperti sekarang ini, ditambah lagi dengan kenaikan harga BBM,” kata dia saat dihubungi dari wartawan dari Makassar, Senin (10/10/2022).

Sementara itu, Kabid Ketahanan Pangan DPKP, Silvia Yasin mengatakan, bahan pangan yang diperjualbelikan dalam bazar terdiri dari enam komoditas, seperti beras premium, gula pasir, minyak goreng, daging, cabe dan telur ayam.

“Jadi, teman-teman yang lain bisa juga menyiapkan bahan pangan lainnya, seperti dari DP2KUKM menyiapkan produk UMKM, atau kita punya rekan yang mau masuk, juga kita siapkan, silakan diajak,” imbuh, Silvia.

Pihaknya, kata dia, menyiapkan tenda 6 petak, 15 meja berukuran 2 meter, serta 50 kursi, sehingga para pedagang yang ikut dalam bazar nanti hanya membawa barang dagangannya.

Masih Silvia, selain jual beli bahan pangan, pihaknya juga mempersilakan adanya jual-beli kuliner, agar kegiatan bazar hari inidapat berlangsung lebih meriah.

Bukan hanya itu, bazar ini juga akan memfasilitasi pasar ritel modern seperti Indomaret, Alfamart dan Alfamidi untuk memperdagangkan produk-produknya. Sesuai kegiatannya, Bazar Pangan Murah, berarti harga pangan yang diperjualbelikan akan lebih murah dibanding harga pasar.