Sosialisasi program Jamsostek di Merauke. Foto-Getty/TN

 2,718 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Setiap akhir tahun, BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Merauke pasti menerima pendaftaran peserta dari para pelaku/pemilik proyek jasa konstruksi untuk mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi karyawan atau pekerja.

Guna mengingatkan pimpinan maupun pelaku sektor konstruksi agar tidak lupa mendaftar sebagai peserta BP Jamsostek sebelum memulai pengerjaan proyek, BP Jamsostek Merauke rutin lakukan sosialisasi program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pemilik jasa konstruksi di wilayah setempat.

“Jangan sampai proyeknya selesai baru didaftarkan. Karena kalau belum didaftarkan dan terjadi resiko, maka peserta tersebut tidak bisa diberikan santunan,” terang Kepala BP Jamsostek Cabang Merauke, Alamsyah Ali di Carein Hotel, Rabu (03/11).

Alamsyah Ali mengatakan, berdasarkan aturan terbaru Kementerian Tenaga Kerja Nomor 5 tahun 2021, tentang tata cara penyelenggaraan program jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKm) dan jaminan hari tua (JHT) di dalamnya mengatur terkait pekerjaan jasa borongan, pekerja harian lepas dan pekerjaan jasa konstruksi. Bahwa setiap pemberi kerja terkhusus jasa konstruksi wajib didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan khususnya dalam dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Proses pendaftarannya dilakukan 14 hari setelah surat tugas atau perintah tugas pekerjaan konstruksi dikeluarkan. Dikatakan, tidak dibenarkan pendaftaran baru dilakukan usai pekerjaan proyek. Lanjut disampaikan, BPJS Ketenagakerjaan Merauke menangani tiga wilayah kerja yakni Merauke, Boven Digoel dan Mappi. Tercatat per Januari-Oktober 2021, ada 152 pekerjan proyek yang masuk di BP Jamsostek. “Kami berharap bagi yang belum, segera didaftarkan,” pinta Kepala BPJS.

Untuk diketahui, manfaat perlindungan Jamsostek ini sangat banyak. Bahkan data BP Jamsostek sudah digunakan oleh pemerintah pusat untuk memberikan bantuan. Di tahun 2020 ada bantuan subsidi upah, kemudian di tahun 2021 ada bantuan subsidi upah akibat dari pandemi Covid-19. Bantuan hanya diberikan kepada peserta penerima upah saja. Namun tidak menutup kemungkinan kepada peserta yang lain juga akan diberikan bantuan tersebut.

“Melalui peraturan yang baru ini, (UU No 5 tahun 2021 red) setiap pekerjaan proyek dilampiri data tenaga kerjanya,” pinta Ali.

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan sudah melakukan pembayaran klaim kepada peserta senilai 30,1 miliar terhitung Januari-Oktober 2021 terdiri dari JKK, JKm, JHT dan JP.

Kolom daftar pembayaran klaim BPJS Ketenagakerjaan Januari s/d Oktober 2021:

“Saat ini boleh dibilang komplit perlindungan yang kami berikan. Kami berharap bapak, ibu yang hadir bisa mengingatkan kepada rekan-rekan untuk ikut dalam program Jamsostek. Apapun jenis pekerjaan wajib terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Karena perlindungan ini buat kita dan untuk kita,” sambung Alamsyah

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Merauke, Ruslan Ramli mewakili Pemkab Merauke menegaskan bahwa kepesertaan dalam program BPJS Ketenagakerjaan merupakan kewajiban yang sudah diatur dalam UU. Amanat konstitusi ini harus dipatuhi sebagai warga negara yang baik sehingga peserta dapat mendapatkan lima jaminan sosial.

“Kalau ini kita ikuti ketentuan, maka kita sama dengan memberikan garansi kepada seluruh karyawan kalau terjadi kecelakaan,” ucap Sekda.

Semua pihak diminta komitmen untuk mengimplementasikan amanah UU tersebut. Hal yang sama juga akan diatur baik di sektor swasta maupun pemerintahan semua harus didaftarkan di program Jamsostek, sambung dia.

Sosialisasi rutin ini melibatkan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dan Dinas PUPR, untuk menyampaikan catatan penting yang harus dan wajib dilakukan oleh pemilik jasa konstruksi.

Berita lain untuk anda

Reses Di Boven Digoel, Fauzun Nihayah Adakan Pengobatan Gratis

 3,428 kali dilihat 3,428 kali dilihat Boven Digoel, TN – Setelah beberapa hari melakukan kegiatan reses…

Sambut HUT ke-50 Klasis GKI, Klinik Talitakum Gelar Pengobatan Gratis

 3,278 kali dilihat 3,278 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Klasis…

Sekjen DPP Demokrat Buka Muscab DPC Demokrat se-Papua Barat secara Virtual

 6,203 kali dilihat 6,203 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Papua Barat menggelar…

KRI Bima Suci Bawa 81 Taruna Akademi TNI AL Kunjungan Ke Sorong

 2,670 kali dilihat 2,670 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kapal KRI Bima Suci yang membawa Taruna Taruni…

Puncak HUT Kemerdekaan RI ke-75, Lapas Merauke Gelar Lomba Panjat Pinang

 2,860 kali dilihat 2,860 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lomba panjat pinang warnai puncak peringatan HUT…

Juli 2021, Ekspor Provinsi Malut Sebesar Ini

 2,679 kali dilihat 2,679 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Nilai ekspor Provinsi Maluku Utara pada Juli…

Wagub Sulsel Terima Bantuan Dari PT Vale

 2,597 kali dilihat 2,597 kali dilihat Makassar, TN – Untuk menekan penyebaran Virus Corona di Provinsi…

Hasil Swab Test, Delapan PDP di Malut Negatif

 2,607 kali dilihat 2,607 kali dilihat Ternate, TN – Berdasarkan hasil pemeriksaan swab test, delapan Pasien…

36 Orang Tenaga Medis Terpapar Corona, Bupati Bintuni Siapkan RPH Untuk Isolasi

 2,852 kali dilihat 2,852 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Sebanyak 36 orang tenaga medis di…

Unik, ini Cara Anak Motor Rayakan Hari Batik Nasional

 3,880 kali dilihat 3,880 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan…