Berita

Pemerintah Rencananya Bakal Pasang Tarif PPN Untuk Sembako, DPR RI Tolak

×

Pemerintah Rencananya Bakal Pasang Tarif PPN Untuk Sembako, DPR RI Tolak

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi IV DPR RI yang juga aleg Fraksi PKS asal Dapil Maluku, Saadiah Uluputty. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah rencananya akan memasang tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk barang kebutuhan pokok alias sembako.

1462
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Wacana itu tertuang dalam rancangan draf revisi kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).

Adapun sembako yang bakal dikenakan PPN adalah seperti beras, gabah, jagung, sagu, kedelai, garam konsumsi, daging, telur, susu, buah-buahan, sayur-sayuran, ubi-ubian, bumbu-bumbuan, dan gula.

Semula, barang-barang itu dikecualikan dalam PPN yang diatur dalam aturan turunan, yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 116/PMK.010/2017. Sedangkan dalam draft RUU pasal 4A, sembako dihapus dalam kelompok barang yang tak dikenai PPN.

Selain sembako, RUU KUP juga menghapus beberapa barang hasil tambang maupun hasil pengeboran yang semula tak dikenai PPN.

Kemudian, pemerintah juga menambah objek jasa baru yang akan dikenai PPN, antara lain jasa pelayanan kesehatan medis, jasa pelayanan sosial, jasa pengiriman surat dengan perangko, jasa keuangan dan jasa asuransi.

Tak ketinggalan jasa pendidikan, jasa penyiaran yang tidak bersifat iklan, jasa angkutan umum di darat dan di air, jasa angkutan udara dalam dan luar negeri, jasa tenaga kerja, jasa telepon umum dengan menggunakan uang logam, serta jasa pengiriman uang dengan wesel pos. Wacana ini langsung mendapat berbagai respon luas.

Lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Senin (14/6/2021), Anggota DPR RI daerah pemilihan Maluku, Saadiah Uluputty menyatakan penolakannya terhadap rencana tersebut.

“Sebagai anggota DPR RI, saya menyatakan menolak rencana itu,” tandas Uluputty singkat.