Pemda Merauke Siap Dukung Pemindahan Lahan Baru Penempatan Kontainer

Pertemuan Bupati Merauke dan rumpun perhubungan di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemda Merauke siap mendukung pemindahan, penataan dan penempatan kontainer dari area Pelabuhan Laut Merauke ke lahan khusus untuk kontainer yang melakukan kegiatan stuffing dan stripping.

Stuffing and stripping akan direlokasi, tepat berada di belakang kantor Pelindo Merauke. Stuffing adalah suatu kegiatan pemasukan barang kedalam peti kemas/container dengan menggunakan tenaga manusia/alat mekanis. Stripping adalah suatu kegiatan mengeluarkan barang dari dalam petikemas dengan menggunakan tenaga manusia/alat mekanis.

“Kalau mau investasi Pemda, berarti kita kerjasama dengan PT Pelindo, kami dari Pemda dan pihak ketiga dari swasta untuk membangun. Nanti kita bagi hasil,” ucap Bupati Merauke, Romanus Mbaraka usai pertemuan dengan GM Pelindo IV Merauke, Anthonius Dianserai Marani, Dinas Perhubungan, dan para pihak bahas sarana dan para sarana Perhubungan darat maupun laut di Dinas Perhubungan setempat, Jumat (17/3/2023).

GM Pelindo sekaligus minta agar Pelabuhan Merauke ditingkatkan statusnya seiring mekarnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan (PPS). Pertimbangannya, kalau statusnya meningkat, fasilitasnya juga semakin lengkap dan kewenangan semakin bertambah. Parkir kontainer dan ruang tunggu penumpang harus lebih baik agar penumpang nyaman dan mendapatkan fasilitas yang layak.

“Selain itu, permintaan dari Pelindo bahwa kapal perintis akan dipindahkan ke Pelabuhan Pemda di Kelapa Lima. Manfaatnya, para TKBM akan lebih mudah mendistribusikan barang dengan baik,” tandasnya.