Hendrayana, SH., MH., mantan LBH Pers dan sekarang menjabat sebagai Managing Partner HDS Partnership Law Office dan Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS)/(foto:didik)

 684 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Hendrayana, SH., MH., Praktisi hukum yang juga mantan Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers dan saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS), juga sebagai Managing Partner HDS Partnership Law Office mengatakan pelanggaran karya jurnalistik bukan kejahatan, tetapi pelanggaran etik.

This image has an empty alt attribute; its file name is Didik_Hendrayana.jpeg
Wawancara dengan Hendrayana, SH., MH., mantan LBH Pers dan sekarang menjabat sebagai Managing Partner HDS Partnership Law Office dan Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS)/(foto:didik)

Ditemui oleh teropongnews.com di kantornya LPDS Gedung Dewan Pers Lantai 3 , Jalan Kebon Sirih No. 34 Jakarta Pusat Kamis (26/03/2021), mengatakan pelanggaran karya jurnalistik yang dikenal dengan istilah delik pers itu merupakan tindakan pidana yang berhubungan dengan pers. Dalam KUHP pasal-pasal yang berkaitan dengan delik pers terdapat 32 pasal.

Menurut dia, delik pers sebenarnya bukan terminologi hukum, tapi dalam praktik muncul karena diperkenalkan oleh Pasal 61 dan 62 KUHP tentang ancaman kejahatan percetakan. Pasal ini kemudian menjadi pintu masuk munculnya delik pers.

“Suatu tindakan bisa jadi tindak pidana pers jika memenuhi tiga unsur,” kata mantan tenaga ahli hukum di Komisi Penyiaran Indonesia itu pula.

Ketiga unsur tersebut adalah harus dilakukan dengan barang cetakan, harus merupakan pernyataan pikiran atau perasaan (sengaja dan bukan dipaksa), dan harus ternyata bahwa publikasi itu merupakan suatu syarat untuk menumbuhkan kejahatan.

Pada kesempatan wawancara itu, Hendrayana juga menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang jurnalis yang terkena jeratan hukum, seperti memberitahukan pimpinan redaksi di tempat kerja, membuat kronologis permasalahan, mengumpulkan bahan-bahan berita dan bukti rekaman, data-data sumber berita, dan menyiapkan saksi-saksi meringankan.

Sedangkan jika jurnalis dipanggil sebagai saksi/tersangka, diminta untuk jeli memeriksa surat panggilan, memberitahukan ke atasan, menyiapkan semua dokumen berita yang dipermasalahkan, gunakan hak tolak jika polisi meminta menyebutkan nara sumber dan meminta kepada penyidik untuk meminta keterangan Dewan Pers untuk menilai berita yang dipersoalkan.

Berita lain untuk anda

PDP Yang Kabur Dari RSUD Cendrawasih Dobo Berhasil Dievakuasi

 727 total views (dibaca)  727 total views (dibaca) Ambon, TN – Salah seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP)…

Bersama Orang-Orang Hebat di Indonesia, Bupati Raja Ampat Terima Penghargaan LEPRID

 688 total views (dibaca)  688 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) menganugerahkan penghargaan…

Danrem 174/ATW Kolonel Inf Bangun Nawoko Disambut Secara Sederhana

 641 total views (dibaca)  641 total views (dibaca) Merauke, TN – Setelah resmi menjabat, Danrem 174/ATW Merauke,…

Pesawat Pegangkut BBM Tergelincir di Bandara Karubaga Papua

 672 total views (dibaca)  672 total views (dibaca) TEROPONGNEW.COM, JAYAPURA – Pesawat Pelita Air Nomor registrasi PK–PAG…

KPID Maluku Datangi Ditreskrimsus, Ini Tujuannya

 660 total views (dibaca)  660 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Maluku…

Menembus Batas Wilayah di Tengah Pandemi Covid-19

 693 total views (dibaca)  693 total views (dibaca) “MASUK penjara satu tahun? Jangankan satu tahun, lima tahun…

Polisi Mulai Lidik Kasus Dugaan Korupsi Anggaran Covid-19 di KKT

 734 total views (dibaca)  734 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Polisi tengah mengusut dugaan tindak pidana…

NasDem PB Target 80 Persen Menang Pilkada 2020, Jalan Mulus Pilgub

 680 total views (dibaca)  680 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Partai NasDem menargetkan memenangkan pesta demokrasi pemilihan kepala…

Natal Bersama di Paroki St. Theresia Buti Menargetkan Lima Harapan

 715 total views (dibaca)  715 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Perayaan Natal bersama di Paroki St.…

Bupati Raja Ampat Lepas 222 Mahasiswa K2N UMS Angkatan XV

 657 total views (dibaca)  657 total views (dibaca) Waisai, TN- Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (AFU)…