Pelabuhan Kelapa Lima Merauke Segera Direpresentatif

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, M. Ramli. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pelabuhan Kondap Kelapa Lima Merauke, Papua segera dilakukan pembenahan sehingga lebih memenuhi standar atau representatif.

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, M. Ramli memastikan akan ada renovasi pelabuhan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU), mengingat Kementrian Perhubungan sudah memberikan kewenangan kepada Pemkab Merauke untuk mengelolanya dan sudah dilakukan serah terima dari pusat ke daerah belum lama ini.

“Jadi kita Dinas Perhubungan sudah siap. Karena pemasukan untuk daerah sangat luar biasa,” terang Kadishub, Selasa (30/8/2022).

Dikatakan, rencana sebelumnya akan diserahkan kepada pihak PT. Pelindo IV Cabang Merauke, namun ada pertimbangan tertentu, maka Pelindo menyatakan tidak bersedia menangani langsung pelabuhan tersebut.

Dalam pelaksanaanya nanti Dishub tetap kerjasama dengan KSOP, Pelindo, Distrik Navigasi dan bidang kemaritiman agar pelabuhan yang diperuntukkan untuk kapal perintis dan kapal minyak ini lebih memadai dari sisi sarana dan prasarana.

“Kita akan kelola lebih baik ke depan baik dari SDM maupun sarana dan prasarana,” tandas Ramli.