Berita

Pekan Ini, Wajar Dua Jam Dimulai

×

Pekan Ini, Wajar Dua Jam Dimulai

Sebarkan artikel ini
Juru Bicara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Joy Adriaansz. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mulai Jumat pekan ini, akan memulai inovasi Wali Kota Jumpa Rakyat (Wajar) Dua Jam.

1542
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Program wajar dua jam akan dilakukan setiap Jumat hari kerja, selama dua jam dimulai pukul 08.00 WIT sampai dengan pukul 10.00 WIT di teras Balai Kota Ambon. Nanti didampingi oleh seluruh pimpinan OPD yang terkait dengan pelayanan publik,” jelas Juru Bicara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan, di Ambon, Selasa (16/8/2022).

Dalam program ini, Penjabat Wali Kota Ambon membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bisa bertemu, dan bertatap muka, bahkan menyampaikan laporan, pengaduan, atau aspirasi.

“Masyarakat diberikan kesempatan untuk bisa bertatap muka langsung menyampaikan aspirasi. Untuk itu, mohon bantuan dari teman-teman media untuk bisa menyampaikan informasi ini kepada seluruh masyarakat,” pinta Joy.

Menurut dia, program ini menyasar masyarakat Kota Ambon yang mungkin memiliki keluhan terkait pelayanan publik, namun enggan menyampaikan langsung karena terkendala waktu, dan aturan administratif di Balai Kota.

“Jadi, masyarakat yang beprofesi sebagai PKL, pengayuh becak, atau pengojek, dengan pakaiannya selayaknya dan tidak harus memakai sepatu, dia pakai sendal tidak masalah, yang penting sesuai dengan tata krama kita sebagai masyarakat Kota Ambon, untuk datang sampaikan aspirasi kepada Penjabat Wali Kota,” ungkap dia.

Dia menambahkan, dalam program ini, semua keluhan, aduan, atau aspirasi yang disampaikan akan ditanggapi oleh Penjabat Wali Kota, dan ditindaklanjuti oleh pimpinan OPD yang mendampingi.

“Mungkin ada aspirasi terhadap kondisi lingkungan atau hal-hal lain, diberi kesempatan untuk disampaikan informasi tersebut kepada Penjabat Wali Kota ,dan selanjutnya langsung ditangani OPD terkait,” bebernya.

Salah satu tujuan dari program ini adalah, mengurangi keluhan masyarakat lewat media sosial yang seringkali bias dan tidak tepat sasaran.

Selain datang langsung ke Balai Kota, Joy juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kanal-kanal pengaduan baik lewat SMS 1708 atau Whatsapp ke nomor 08114706999.

Program wajar dua jam tidak hanya dilakukan di Balai Kota Ambon saja, tapi seluruh kantor pemerintah dari kecamatan hingga desa/negeri dan kelurahan.

“Jadi tiap Jumat, kecuali jika hari libur itu berarti tidak dilaksanakan. Program ini dilakukan juga di setiap kantor-kantor pemerintah yang ada di luar balai kota. Harapannya, masyarakat bisa memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pemangku kepentingan yang bertanggung jawab terhadap pelayanan publik di kota ini,” tutupnya.