Berita

Peduli Bencana Semeru, Warga IKASWARA kota Sorong Galang Dana

×

Peduli Bencana Semeru, Warga IKASWARA kota Sorong Galang Dana

Sebarkan artikel ini
pengurus IKASWARA Kota Sorong melakukan aksi penggalangan dana di dua titik keramaian di Kota Sorong, yaitu perempatan lampu merah gereja Maranatha. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur pada Sabtu (4/12/21) lalu membawa dampak kerusakan tempat tinggal hingga menyebabkan korban jiwa.

Seperti dikutip dari laman resmi BNPB, total data korban jiwa atau terdampak yang berhasil dihimpun oleh sejumlah Posko, yaitu warga terdampak 5.205 jiwa, hilang 27 orang dan meninggal dunia 15 orang.

Kejadian alam yang cukup besar tersebut membuat pengurus Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura (IKASWARA) secara spontanitas melakukan aksi penggalangan dana di dua titik keramaian di Kota Sorong, yaitu perempatan lampu merah gereja Maranatha dan perempatan lampu merah kilometer 10, Senin (6/12/21) .

2398
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menggunakan seragam IKASWARA berwarna hitam, maupun kaos berlogo IKASWARA sejumlah warga terdiri dari orang tua maupun pemuda terlihat antusias membawa sejumlah kardus bertuliskan donasi peduli Gunung Semeru. Sebagiannya lagi secara bergantian melakukan orasi terkait aksi spontaintas mereka.

Ketua IKASWARA Kota Sorong, Tupono ditengah-tengah aksi donasi menjelaskan bahwa aksi spontanitas tersebut dilakukan warga karena korban jiwa dalam bencana tersebut cukup besar. Selain korban jiwa meninggal juga terdapat ribuang orang yang kehilangan tempat tinggal.

“Aksi ini spontanitas saja antara pengurus dan anggota Ikaswara, ada dari pengurus inti Ikaswara, Perkumpulan Perempuan Ikaswara dan Pemuda Ikaswara, semua memiliki niatan baik yaitu membantu menghimpun dana bagi para dermawan untuk menyisihkan sedikit rezeki, harta mereka untuk mereka yang terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru ini,” ujar Tupono.

Pelaksanaan donasi spontanitas ini akan dilaksanakan selama dua Hari yaitu Senin (6/12) dan Selasa (7/12/21). Selain membuka donasi dengan turun kejalan, IKASWARA juga membuka donasi melalui rekening Ikaswara yang disebarkan melalui WAG dan Facebook Ikaswara.

“Sejumlah uang yang terkumpul ini, nantinya akan kita kirimkan ke Lumajang – Jawa Timur, mudah mudahan animo masyarakat bisa tinggi, uang yang terkumpul juga cukup pantas untuk dikirimkan.Terima kasih kepada warga, dermawan yang sudah Berbagi rezekinya, pengurus dan anggota yang menghimpun dana, mudah-mudahan jerih payah pengurus dan anggota serta para dermawan diberikan balasan yang lebih dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” harapnya.

Adapun total dana yang terkumpul selama aksi sehari yaitu Penggalangan dana di Lampu Merah Kilo 10 terkumpul Rp 7.704.000, penggalangan dana di lampu merah Maranatha Rp. 13.075.000 dan dari Relawan Masjid At Taubah Rp 1.424.000. Total penggalangan dana hari ini terkumpul Rp 22.203.000.

Kegiatan aksi bencana alam ini, Kerap kali dilakukan oleh IKASWARA Kota Sorong sebagai bentuk kepedulian warga Sunda Jawa dan Madura di Kota Sorong terhadap saudara mereka di tanah Jawa.